Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Jawa Barat, Zakiah, mengajak masyarakat agar mengelola minyak jelantah menjadi bermanfaat, sehingga bisa mengurangi pencemaran lingkungan.

"Kami ingin mengajak masyarakat untuk dapat mengelola sampah, terutama minyak jelantah, sehingga dapat mengurangi potensi pencemaran lingkungan akibat minyak jelantah yang dibuang sembarangan," kata Zakiah di Depok, Rabu.

Limbah minyak goreng atau sering disebut dengan minyak jelantah seringkali tidak diperhatikan oleh masyarakat. Namun di tangan yang tepat, kata dia, minyak jelantah tersebut bisa diolah menjadi produk yang bermanfaat, salah satunya sabun.

Untuk itu, kata dia, Dinkes Kota Depok Zakiah bersama Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Kota Depok dan Avatar Lingkungan mengadakan lokakarya pembuatan sabun dari minyak jelantah.

Kegiatan tersebut dilakukan juga sebagai bentuk implementasi pilar keempat Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Untuk prosesnya, lanjut Zakiah, minyak jelantah terlebih dahulu diendapkan dan dipastikan tidak tercampur dengan air. Kemudian, dibutuhkan senyawa Natrium Hidroksida (NaOH) untuk proses pembuatan sabun.

 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023