Persib kedatangan dua pemain asing baru yakni Kevin Ray Mendoza Hansen dan mantan pemain Serie A Stefano Beltrame, untuk menjalani sisa putaran kedua kompetisi Liga 1 musim 2023/2024.

Deputi CEO PT PERSIB Bandung Bermartabat Teddy Tjahjono mengatakan untuk Kevin, pemain Filipina berusia 29 tahun tersebut, akan menambah kekuatan penjaga gawang Persib yang dihuni Teja Paku Alam, Reky Rahayu, Fitrul Dwi Rustapa, dan kiper muda jebolan akademi Persib Putra Sheva Sanggasi.

"Kami mendatangkan kiper baru dari Kuala Lumpur FC, yakni Kevin Ray Mendoza Hansen dengan kontrak berdurasi 18 bulan. Kami berharap, Kevin bisa berkontribusi untuk Persib," ucap Teddy dalam keterangannya di Bandung, Rabu.

Untuk Kevin, dikatakan oleh Teddy, akan menjadi pemain Italia pertama yang membela Maung Bandung sejak menggunakan jasa pemain asing pada Liga Indonesia 2003 lalu.

Pemain yang sempat membela Juventus dan bermain pada pertandingan Serie A pada 2013 silam, dikontrak Persib selama enam bulan dari klub asal Portugal CS Maritimo Funchal yang dibelanya sekitar tiga tahun ke belakang.

"Wilujeng sumping, Stefano. Stefano akan memperkuat Persib dengan ikatan kontrak enam bulan ke depan dengan opsi perpanjangan," ucap Teddy.

Baca juga: Persib menang telak 5-1 atas Dewa United
Baca juga: Persib melepas I Putu Gede Juni kembali ke Bhayangkara FC
Selain dua pemain asing tersebut, Maung Bandung juga kedatangan Henhen Herdiana dalam kesepakatan pinjam tukar antara Persib dan Dewa United, di mana Persib melepas Robi Darwis untuk bermain pada Dewa United.

Persib memulangkan Henhen yang sebenarnya dipinjamkan ke Dewa United dengan durasi satu tahun karena tim pelatih membutuhkan bek kanan setelah I Putu Gede Juni Antara mendapatkan panggilan tugas dari Bhayangkara FC pada putaran kedua Liga 1 ini.

"Henhen akan kembali bermain untuk PERSIB di putaran kedua Liga 1 2023/2024," kata Teddy.

Dewa United mengizinkan Henhen kembali ke Persib dengan syarat mereka bisa mendapatkan Robi Darwis karena tim pelatihnya membutuhkan pemain di posisi gelandang.

Untuk memberikan kesempatan kepada Robi mendapatkan kesempatan bermain lebih banyak dan mengembangkan kariernya, ucap Teddy, Persib mengizinkan Robi dipinjam selama sisa musim ini ke Dewa United.

"Ini kesempatan yang sangat baik untuk Robi Darwis untuk mendapatkan lebih banyak menit bermain, pengalaman dan tentunya untuk mengembangkan kemampuannya, dan kembali ke Persib di musim depan," kata Teddy.

Baca juga: Persib agendakan pertandingan internal ketika jeda internasional
Selain melepas Robi untuk dipinjam Dewa United, Persib juga menyetujui permohonan Frets Listanto Butuan mengundurkan diri berkaitan dengan penugasan barunya ke Kodam XVI/Pattimura dan pertimbangan alasan keluarga. 

Teddy menjelaskan, karena dipindahtugaskan ke Kodam XVI/Pattimura, sejak pertengahan November 2023, kerja sama Persib dan Frets berakhir di pertengahan musim ini dan yang bersangkutan sudah tidak bergabung dalam sesi latihan Persib, termasuk saat Persib menghadapi Dewa United, Minggu, (26/11) lalu.

"Karena pemindahtugasan tersebut, Frets mengajukan permohonan mengundurkan diri dari Persib. Karena masih ingin melanjutkan karier sepakbolanya, Frets mencari klub di tempat dia bertugas," ujar Teddy.

Pemain bernomor punggung 21 tersebut bergabung dengan Persib di kompetisi Liga 1 tahun 2019 dari PSMS Medan. Selama lima musim berseragam Persib, Frets telah tampil dalam 90 pertandingan kompetisi dengan sumbangan 11 gol.

Terakhir, Frets tampil pada pertandingan kandang Persib melawan Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 11 November 2023 lalu.

Pewarta: RPY

Editor : Ricky Prayoga


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023