Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat melakukan terobosan memperkenalkan digitalisasi industri kecil menengah (IKM) bagi pelaku usaha perempuan agar produk usahanya semakin berkembang dan menguntungkan dengan kemudahan teknologi masa kini.

"Untuk peserta IKM-nya sendiri ini ada sejumlah 150 peserta dari berbagai komunitas ya, terutama dari kalangan perempuan," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kabupaten Garut Ridwan Effendi saat acara Road to G-Fest 2023 di Tarogong Kidul, Garut, Kamis.

Ia menuturkan Pemkab Garut bekerja sama dengan Oorange Universitas Padjajaran (Unpad) dalam melakukan inkubasi bisnis Start Up Technology dan digitalisasi bagi IKM di Garut.

Inkubasi bisnis itu, kata Ridwan, merupakan program lanjutan dari tahun sebelumnya yang melibatkan banyak pelaku IKM untuk dibantu pemasaran produknya, sehingga bisa menarik investor.

Ia menyampaikan untuk tahun ini IKM dari kalangan perempuan lebih dikedepankan agar memiliki kemampuan secara digitalisasi.

"Jadi kalangan wirausaha perempuan ini kita kenalkan dengan digitalisasi IKM, sehingga para pelaku usaha, para pelaku IKM di Kabupaten Garut ini bisa lebih 'aware' lagi," katanya.

Ia menyampaikan pelaku usaha IKM sudah menjadi keharusan, dan harus beradaptasi dengan perkembangan digitalisasi agar produk usahanya berkembang lebih maju.
"Tentu sudah menjadi sebuah keniscayaan adanya digitalisasi, dan tentu seiring waktu juga semua dituntut untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan digitalisasi ekonomi, khususnya di lingkup perindustrian," katanya.

Ia berharap pelaku IKM, khususnya dari kalangan perempuan bisa lebih memberikan wawasan yang lebih luas dalam menjalankan bisnisnya.

Upaya yang dilakukan pemerintah, kata dia, pelaku IKM perempuan dipertemukan dengan pelaku usaha yang sudah berkembang lebih maju dan menerapkan sistem digital.

"Diharapkan ke depan ini terbangun ada sinergi dan juga kolaborasi atau mungkin dikatakan lain ada 'match' antara pelaku usaha wirausaha perempuan dengan 'start up' teknologi, dan tentu di antaranya saling membutuhkan," katanya.

Bupati Garut Rudy Gunawan yang hadir dalam acara tersebut mendukung program inkubasi bisnis bagi pelaku IKM di Garut karena akan memberikan dampak yang positif untuk pengembangan produk usahanya.

"Di inkubasi itu dia punya pengetahuan tentang apa yang akan dilakukan di usahanya," kata Bupati.


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023