Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon, Jawa Barat, mengadakan kegiatan bursa kerja (job fair) dengan melibatkan 41 perusahaan yang menyediakan 2.919 lowongan pekerjaan bagi para lulusan sekolah menengah atas maupun kejuruan (SMA/SMK) di daerah tersebut.
 
Wakil Bupati Cirebon Cirebon Wahyu Tjiptaningsih di Cirebon, Rabu, menjelaskan pelaksanaan bursa kerja itu merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan bagi calon pencari kerja yang disesuaikan dengan kemampuan dan kompetensi pada masing-masing sektor industri.

Baca juga: Angka pengangguran di Kabupaten Cirebon berkurang signifikan
 
Dengan begitu, pihak perusahaan dapat menyerap lulusan SMA dan SMK sesuai kebutuhan, sehingga berdampak pada penurunan angka pengangguran di Kabupaten Cirebon.
 
“Jumlah penyumbang pengangguran yang ada di Kabupaten Cirebon ini di sebagian adalah lulusan SMK dan SMA dengan angka sekitar 17 persen. Kegiatan job fair ini dalam rangka mengurangi angka pengangguran,” kata Ayu.
 
Ayu menuturkan dalam mekanisme job fair tersebut, ribuan peserta bisa mendatangi lokasi kegiatan di SMK Ulil Albab Cirebon. Kemudian menyiapkan dokumen lamaran dan mengikuti seluruh tahapan seleksi.
 
Jika melihat jumlah lowongan kerja yang tersedia maka warga Kabupaten Cirebon berpeluang besar untuk memperoleh pekerjaan sesuai kompetensinya.
 
“Ada 2.919 lowongan kerja. Artinya ini peluang bagi teman-teman yang lulus. Tidak hanya SMK Ulil Albab saja karena lulusan lain pun bisa melamar. Ini upaya kita bersama, karena ada beberapa lokasi yang melaksanakan job fair,” katanya.

Ayu memastikan Pemkab Cirebon terus berusaha menyediakan lapangan kerja baru di daerahnya, dengan aktif mengundang para investor untuk menanamkan modalnya dan membuka perusahaan.
 
Sebab, menurutnya jumlah lulusan SMK ataupun SMA di Kabupaten Cirebon setiap tahunnya relatif tinggi sehingga memerlukan banyak lapangan kerja baru untuk menyerap mereka sebagai tenaga kerja potensial.

Baca juga: 2.545 buruh di Cirebon peroleh BLT DBHCHT Rp1,78 miliar
 
“Setiap tahun ada 37 ribu lulusan SMK/SMA. Kita harus menyiapkan lapangan kerja baru,” ucap dia.
 
Ia menambahkan kegiatan bursa kerja itu dilaksanakan selama 22-23 November 2023 di SMK Ulil Albab Cirebon.

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023