Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyiagakan logistik berupa sarana prasarana serta relawan kebencanaan hingga di tingkat desa dalam rangka mengantisipasi potensi banjir menjelang musim hujan tahun ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi Muchlis mengatakan sejumlah logistik mulai dari pompa air, tenda darurat, hingga armada darat serta perahu karet telah disiagakan sebagai upaya meminimalisir dampak bencana.

"Sudah kita periksa kelengkapan dan kondisinya juga. Saat ini sudah siap dan kita siagakan 24 jam penuh," katanya di Cikarang, Minggu.

Dia mengatakan sarana dan prasarana kebencanaan tersebut dalam waktu dekat segera didistribusikan ke sejumlah wilayah rawan bencana banjir untuk membantu optimalisasi percepatan penanganan musibah.

"Berdasarkan pengalaman penanganan bencana pada tahun-tahun sebelumnya, logistik akan dititipkan di kantor-kantor desa terdekat dengan area rawan bencana supaya ketika banjir datang, kami sudah siap melakukan penanganan secepat mungkin," katanya.

Muchlis mengaku sejumlah organisasi relawan kebencanaan mulai dari Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB), desa tangguh bencana (Destana), kelurahan tangguh bencana (Katana), serta relawan lain juga telah menyatakan kesiapan mendukung penuh upaya penanganan bencana.

"Koordinasi terus kami lakukan secara intensif dan kita akan bergerak bersama di lapangan, bersama para relawan hingga tingkat desa, untuk mengantisipasi risiko bencana banjir," katanya.

Dia menyebut banjir yang melanda wilayah Kabupaten Bekasi akibat curah hujan tinggi sudah terjadi sejak dua tahun terakhir, bahkan sejumlah titik mengalami dampak relatif parah sehingga dibutuhkan antisipasi yang lebih memadai untuk meminimalisir dampak tersebut.


 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023