Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Peternakan, dan Perikanan (DKP3) Kota Cirebon, Jawa Barat, menyediakan layanan aktif servis untuk pemeriksaan hewan ternak guna menjaga kualitas daging sebelum dipasarkan sebagai bahan pangan menyehatkan.
 
"Kami selalu rutin melakukan aktif servis, pelayanan aktif kita yang turun berdasarkan informasi masyarakat. Kalau membutuhkan pengobatan, kita hadir ke sana dan menerjunkan petugas," kata Kepala Bidang Pertanian dan Peternakan DKP3 Kota Cirebon Iin Inayanti di Cirebon, Rabu.

Baca juga: DKP3 sebut provitas padi Kota Cirebon 5 ton per hektare meski lahan sempit
 
Pada pelaksanaannya, kata Iin, sejumlah dokter hewan serta tenaga paramedik veteriner dikerahkan untuk melakukan pemeriksaan berkala pada hewan ternak yang tersebar di lima kecamatan.
 
Ia menuturkan kebijakan "jemput bola" itu diterapkan agar para peternak di daerah itu bisa menjalankan usahanya sebaik mungkin. Selain itu mereka pun sudah memiliki kontak petugas dari DKP3 Kota Cirebon sehingga bila terjadi suatu, penanganannya cepat. 
 
"Kalau puskeswan (pusat kesehatan hewan) itu pasif, pelayanan pasif karena menunggu pasien. Tapi biasanya kalau untuk kondisi tertentu dan tidak bisa ditangani di tempat, maka dilakukan di puskeswan," jelasnya.
 
Tidak hanya petugas, ujar Iin, DKP3 Kota Cirebon juga memiliki 110 kader kesehatan hewan yang tersebar di 22 kelurahan, yang diberikan tugas untuk melakukan penyemprotan disinfektan pada kandang ternak selama dua kali dalam setahun.
 
"Kalau kader kita ditugaskan untuk melakukan disinfeksi kandang setiap dua kali setahun. Kandang-kandang ternak di Kota Cirebon disemprot menggunakan disinfektan, kami sediakan," ujarnya.
 
Iin menambahkan bidang peternakan bisa menjadi peluang usaha menjanjikan dan menariknya di Kota Cirebon populasi hewan ternak sudah tergolong padat, meski luas lahannya terbatas.
 
"Di Kota Cirebon hewan besarnya itu sapi 400 populasi, domba-kambing di atas 5.000 ekor dan unggas relatif di angka 1.000-2.000 ekor. Tapi untuk wilayah tertentu yang masih luas, peternakan ini sangat menjanjikan," ucapnya.

Baca juga: DKP3 Kota Cirebon sebut penjualan beras SPHP di pasar stabilkan harga

Pewarta: Fathnur Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023