Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi menyebut Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang berikutnya akan mengundang para kandidat calon wakil presiden yang akan berkontestasi dalam Pilpres 2024.

"Nanti Pak Wapres yang akan mengundang," kata dia usai meninjau Pasar Bulan di Kabupaten Gianyar, Bali, Selasa.

Jokowi belum dapat menyebut tanggal pasti dan kegiatan yang akan dilakukan Wapres Ma’ruf Amin bersama Mahfud Md, Gibran Rakabuming, dan Muhaimin Iskandar nantinya, yang pasti sebelumnya pada Senin (30/10) kemarin dirinya sudah bertemu tiga kandidat calon presiden melalui jamuan makan siang di Istana Merdeka.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan pertemuannya bersama Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan kemarin untuk membahas upaya pemilu damai.

"Ya saya mengajak untuk menjaga bersama-sama agar pemilu berjalan damai, tidak ada saling fitnah-memfitnah, tidak ada kampanye negatif, tidak ada saling menjelekkan atau merendahkan," ujarnya.

Dibandingkan hal negatif tersebut, Jokowi justru ingin para kandidat pasangan calon fokus pada program yang ditawarkan, karena menurutnya itu yang saat ini lebih dibutuhkan masyarakat.

"Baik dengan adu program dan adu gagasan, saya kira itu, rakyat menginginkan itu," ucap dia.

Tak ada hal lain yang disampaikan-nya, bahkan terkait PDI Perjuangan yang mengaku sedih dan luka hati karena Jokowi dinilai meninggalkan partai tersebut enggan untuk dikomentari.

"Saya nggak ingin mengomentari," jawabnya dengan singkat dan melanjutkan kunjungannya di Kabupaten Gianyar, Bali.

Presiden Tiba di Bali

Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Selasa, untuk melakukan kunjungan kerja, di antaranya membuka Kongres Tenaga Air Dunia atau World Hydropower Congress 2023.

Setibanya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Jokowi disambut oleh Penjabat Gubernur Bali S. M. Mahendra Jaya, Pangdam IX/Udayana Mayjen Harfendi, Kapolda Bali Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, Danlanud I Gusti Ngurah Rai Kolonel Pnb. Agni Prayogo, serta Danlanal Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo.

Dalam keterangan dari Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, Selasa, Jokowi langsung melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Gianyar untuk meninjau secara langsung proses pembelajaran di SMK Negeri 3 Sukawati.

Agenda selanjutnya, Jokowi meninjau harga sejumlah komoditas pangan di Pasar Bulan, Kabupaten Gianyar.

Dia juga akan menyerahkan bantuan pangan berupa beras kepada para penerima manfaat di Balai Budaya Batubulan, Kabupaten Gianyar.

Mengakhiri rangkaian kegiatan kunjungan kerjanya di Bali, Jokowi dijadwalkan membuka secara resmi Kongres Tenaga Air Dunia 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Kongres Tenaga Air Dunia 2023 diselenggarakan untuk membahas upaya promosi energi terbarukan dan pembangunan industri masa depan melalui Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), penanganan isu lingkungan dan sosial, serta pembangunan ketahanan iklim untuk mengatasi kekeringan dan banjir.

Kongres tersebut juga menjadi kegiatan unggulan bagi para pembuat keputusan di dalam dan luar industri tenaga air guna membantu memastikan ketahanan energi dan mencapai emisi nol bersih global.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden sebut berikutnya Wapres yang undang kandidat cawapres

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023