Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Jawa Barat meraih penghargaan Apresiasi Pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok Abdul Rahman di Depok, Rabu menjelaskan penghargaan tersebut diberikan kementerian ke 13 kota se-Indonesia, salah satunya Kota Depok yang dianggap aktif sebagai pembina proklim terbaik tingkat Kota tahun 2023.

"Apresiasi ini diberikan KLHK kepada pemerintah kota yang telah menetapkan kebijakan proklim di tingkat daerah. Dan telah melakukan pembinaan Proklim di wilayahnya, serta berhasil mendapatkan Proklim Utama," katanya.

Kota Depok telah menetapkan Proklim sebagai salah satu menu wajib kelurahan yang terintegrasi dalam program Kampung Caraka atau Cerdas Ramah Keluarga. Yang memiliki delapan program di dalamnya, salah satunya Proklim.

"Dengan anggaran Rp100 juta per-kelurahan khusus untuk Proklim. Total Rp6,3 miliar anggaran Proklim Kota Depok tahun 2023," katanya.

"Kota Depok juga sudah berhasil membina empat RW mendapatkan penghargaan sertifikat Proklim Utama dan 1 RW mendapatkan penghargaan trophy Proklim Utama," tutupnya.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri KLHK RI, Siti Nurbaya kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretaris Daerah (Setda) Kota Depok, Fitriawan mewakili Wali Kota Depok, Mohammad Idris.




Pewarta: Feru Lantara

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023