Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan renovasi ruang VIP Bandara Internasional Bauefield yang berada di Port Vila, Vanuatu, dari bantuan Pemerintah Indonesia tanggap bencana siklon Judy dan Kevin, terus berprogres.

"Progres pengerjaan renovasi telah mencapai lebih dari 66 persen. Progres ini melebihi target waktu yang telah direncanakan," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya disiarkan di Jakarta, Minggu.

Abdul mengatakan pekerjaan renovasi sedikit mengalami kendala perpajakan di pihak Vanuatu serta penerbitan visa pekerja terampil dari Indonesia yang akan bekerja di sana.

Penyelesaian proyek dijadwalkan satu minggu hingga akhir Oktober atau awal November 2023.

Dalam rangka percepatan progres pengerjaan, lanjutnya, Pemerintah Indonesia mengirim tambahan pekerja terampil sebanyak 18 orang dan material renovasi.

Setelah proyek renovasi selesai, lanjutnya, Pemerintah Indonesia akan menyerahkan secara resmi kepada Pemerintah Vanuatu, yang ditandai juga dengan penandatanganan berita acara serah terima.

Vanuatu merupakan negara di Kepulauan Pasifik yang pernah terdampak Siklon Judy dan Kevin pada Maret 2023, sehingga menyebabkan kerusakan infrastruktur Bandara Internasional Bauefield.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB: Renovasi Bandara Vanuatu bantuan Indonesia masih berprogres

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023