Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung menyebutkan bahwa generasi milenial mendominasi pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mencapai 32,72 persen dari total daftar pemilih tetap (dpt) di daerah itu.

“Menurut data jumlah DPT Kota Bandung, kelompok yang mendominasi adalah gen Y (usia 25-39 tahun) mencapai 612.643 orang atau 32,72 persen dari total pemilih,” kata Ketua KPU Kota Bandung, Suharti di Bandung, Jumat.

Baca juga: ASN Kota Bandung wajib netral pada Pemilu 2024

Adapun KPU telah menetapkan jumlah dpt untuk wilayah Kota Bandung sebanyak 1.872.381 orang pemilih.

Suharti mengatakan bahwa kelompok usia 17-39 tahun atau generasi muda cukup mendominasi pemilih pada Pemilu 2024 di Kota Bandung.

“DPT Kota Bandung juga didominasi oleh generasi muda, jadi hampir lebih dari setengahnya pemilih itu generasi Y dan generasi Z dengan capaian 1.021.505 orang atau 54,55 persen,” katanya.

Maka dari itu, pihaknya sedang menggencarkan sosialisasi secara masif terhadap kelompok usia tersebut untuk mengajak dan berperan aktif pada Pemilu 2024.

“Nah tadi karena dpt generasi muda kita banyak, tentunya sosialisasi juga harus masif yang bertujuan untuk bisa aktif menggunakan hak pilih di tanggal 14 Februari 2024 mendatang,” kata dia.


Ia berharap keterlibatan generasi muda ini bisa terus berperan aktif dalam setiap tahapan Pemilu 2024 agar tercipta kualitas pemilihan umum yang lebih baik lagi.

“Di samping itu kita berharap juga generasi muda ini menjadi pemilih yang cerdas, pemilih yang tidak hanya sekedar datang ke TPS, tapi pemilih yang memang memilih sesuai dengan nalarnya,” kata Suharti.

Baca juga: Pj Gubernur Jabar minta penjabat bupati/wali kota fokus Pemilu 2024 sampai sampah

Selain itu, ia mengajak para generasi muda ini untuk berperan aktif sebagai petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (kpps) pada Pemilu 2024.

“Masa sih mau generasi tua saja yang jadi petugas kpps.Yuk saatnya generasi muda ambil peran untuk sama sama menjadi penyelenggara Pemilu untuk regenerasi kedepan,” kata dia.

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023