Lembaga swadaya masyarakat (LSM) Masihan.id memberikan ruang bagi para seniman mural untuk menyalurkan kreativitas serta kebebasan9 berekspresi melalui gambar yang mereka desain pada kegiatan Warna.ind yang dilaksanakan di RW-7 Kelurahan Gegerkalong, Kota Bandung Jawa Barat.

“Mumpung ada lahan kosong, kita coba curahkan untuk pelaku seni. Pasti bakal terpacu untuk itu jadi wadah untuk mengekspresikan dirinya dan juga jelas terarah,” kata CEO Masihan.id Andika Fibio di Bandung, Sabtu.

Baca juga: 10 muralis ekspresikan mural kritikan Polri di acara puncak festival Bhayangkara

Dia menjelaskan kegiatan ini sebagai bentuk menyadarkan masyarakat sekitar untuk melihat potensi anak muda yang turut mendukung pembangunan berkelanjutan melalui seni mural di sepanjang tembok jalan di daerah tersebut.

“Hal tersebut kan yang dibutuhkan oleh masyarakat, jadi seninya dapat, pendidikannya dapat dan juga keinginan untuk berekspresinya juga dapat,” katanya.

Agar kegiatan ini terus berkelanjutan, ia mengajak komunitas-komunitas seni di Kota Bandung untuk turut ikut serta dalam kegiatan bersama Masihan.id dengan menyulap kawasan kumuh untuk dipercantik oleh lukisan mural.

“Jadi kita tuh memberikan wadah buat teman-teman (pelaku seni) kalau misalnya mereka tidak ada wadah untuk menyalurkan,” katanya.


Selain itu, Fibio menjelaskan bahwa Masihan.id berfokus pada kegiatan sosial dalam bidang kesejahteraan, ekonomi, dan pendidikan dengan misi membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Karena kita tuh pengen memberikan kebahagiaan kepada masyarakat sekitar, karena kan kebahagiaan lebih indah untuk dibagikan,” katanya.

Baca juga: Peserta lomba mural dipersilakan kreasikan kritikan ke Polri

Sementara itu, Ketua RW setempat Dadang Herawan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Masihan.id yang telah mempercantik jalan menjadi lebih hidup berkat lukisan mural yang beraneka ragam tema.

“Justru saya apresiasi sekali kepada anak muda ini, khususnya di bidang seni rupa ada wadah seni rupa di sini dan sangat bermanfaat dan berguna. Kelihatannya jalan ini jadi lebih berwarna,” kata Dadang.

Pewarta: Rubby Jovan Primananda

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023