Antarajawabarat.com,17/1 - Kelas Inspirasi Bandung akan digelar di 50 Sekolah Dasar (SD) di Kota Bandung pada Hari Inspirasi yang jatuh Rabu, 19 Februari 2014, kaa Ketua Pelaksana Kelas Inspirasi Bandung, Immanuddin di Bandung, Jumat.

"Kami sudah menyelenggarakan Kelas Inspirasi I pada 20 Februari 2013 silam di 22 SD, tahun ini kelas itu akan digelar di 50 SD di Kota Bandung," katanya lagi.

Kegiatan yang akan melibatkan 350 relawan itu akan menampilkan sejumlah relawan profesional dari berbagai kalangan baik pendidik, praktisi, pengusaha serta lainnya.

Relawan pengajar Kelas Inspirasi Bandung 2 adalah para profesional yang terpilih melalui proses seleksi. Sebelumnya mereka diharuskan telah berpengalaman kerja minimal dua tahun di bidangnya.
"Seleksi dilakukan agar para profesional memiliki pemahaman yang baik atas profesinya. Selain itu, mereka pun akan berinteraksi dengan guru dan kepala sekolah agar dapat menumbuhkan rasa kepedulian terhadap realitas pendidikan dasar di Indonesia, khususnya Kota Bandung," kata Imanuddin
Sasaran SD negeri yang diikutsertakan merupakan SD formal di wilayah Kota Bandung yang memenuhi kategori yakni berada di lingkungan pemukiman padat penduduk, berada dilingkungan berlatar belakang ekonomi prasejahtera, latarbelakang ekonomi orang tua/wali adalah prasejahtera atau mayoritas berprofesi di sektor informal, serta memiliki lingkungan pendidikan di bawah kriteria sekolah standa Nasional.

"Kami berharap para profesional dapat belajar dari adik-adiknya supaya mereka tahu kondisi pendidikan di Indonesia, selain itu peserta didik bisa mendapat inspirasi dari sukses para seniornya," kataya.

Sejumlah profesional yang pernah terlibat sebagai relawan di Kelas Inspirasi Bandung adalah Ridwan Kamil (arsitek/ Wali Kota Bandung), Tina Talisa (jurnalis), Dudi Sugandi (wartawan foto), Galih Sedayu (fotografer), Farhan (penyiar), Kiki Gumelar (owner Chocodot), Thomas Siregar (diplomat/kepala Museum Konferensi Asia Afrika).

Kemudian Dienan Silmy (sutradara), Arie Ardianto (trainer/owner DJ Arie Broadcasting School), Ghaisani Nabila (analyst program development support function PT Pertamina), Nugroho Budiyanto (pilot), Gilang Bhaskara (stand up komedian), hingga Vinca Callista (penulis). ***3***

Syarif A

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2014