Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan peluang hujan di sejumlah kota besar di Indonesia yang dipengaruhi oleh bibit siklon tropis 91W yang bergerak dari Laut China Selatan menuju arah barat, Senin.

"Dampak tidak langsung dari bibit siklon tropis tersebut untuk wilayah Indonesia adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat maupun petir di wilayah Aceh, Riau dan Kepulauan Riau," kata Prakirawan BMKG Dendi Rona Purnama diikuti dari YouTube BMKG di Jakarta.

Beralih ke Pulau Jawa, kata Dendi, Jakarta, Semarang dan Surabaya diprediksi cerah hingga cerah berawan. Sementara Serang, Yogyakarta diprediksi berawan, dan Bandung berpeluang hujan ringan.

"Kondisi siklon 91W juga turut mempengaruhi tinggi gelombang laut mulai dari 1,25 hingga 2,5 meter di daerah Laut Natuna bagian utara, Anambas dan perairan utara Kepulauan Natuna," katanya.

Dendi juga menyampaikan prediksi angin di lapisan permukaan wilayah Indonesia secara umum masih bergerak dari arah tenggara dan barat laut dengan kecepatan 10 sampai 60 km per jam.

"Waspadai potensi angin kencang terutama di wilayah Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, dan daerah Sulawesi Selatan," katanya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Bibit siklon tropis 91W bawa peluang hujan di kota besar

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023