Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dan Palang Merah Indonesia (PMI) setempat bersama instansi terkait lainnya merancang program untuk mewujudkan ketahanan air berkelanjutan di daerah itu.

"Untuk mewujudkan ketahanan air yang berkelanjutan tentunya harus ada kerja sama dari pemangku kepentingan atau lembaga terkait, maka dari itu kami menggelar rapat koordinasi dengan berbagai unsur, seperti PMI, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Wilayah III Sukabumi dan unsur lainnya," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Achmad Riyadi di Sukabumi, Rabu.

Dalam upaya mewujudkan ketahanan air berkelanjutan di Kabupaten Sukabumi dan meminimalisasi dampak musim kemarau serta El Nino 2023, katanya, harus dibuat berbagai program dan inovasi yang efektif dan efisien agar ketersediaan air terjaga.

Tentunya, katanya, dalam membuat program tersebut perlu adanya kerja sama dengan berbagai lembaga terkait dan berkompeten, salah satunya melalui Rakor Satuan Tugas Konservasi Sumber Daya Alam Kabupaten Sukabumi.

Rakor bertema "Mewujudkan Ketahanan Sumber Daya Air Untuk Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Sukabumi" itu, dilaksanakan di salah satu hotel di Kecamatan Palabuhanratu.

Dalam rakor ini, setiap perwakilan lembaga memberikan berbagai materi yang kemudian dijadikan landasan untuk pembuatan program atau pengambilan kebijakan terkait dengan ketahanan air.

 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023