Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, membagikan ribuan Bendera Merah Putih untuk semua lapisan masyarakat dalam rangka mensukseskan gerakan nasional pembagian 10 juta bendera untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

"Bendera ini merupakan bentuk partisipasi dari masyarakat yang kami kumpulkan sejak Juli. Ini berasal dari seluruh elemen di Kota Tasikmalaya, total yang dikumpulkan mencapai 2.721 buah bendera," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Tasikmalaya, Ade Hendar saat acara simbolis pembagian Bendera Merah Putih di Kota Tasikmalaya, Rabu.

Baca juga: Pengurus parpol di Kabupaten Tasikmalaya berikrar jaga pemilu damai

Ia menuturkan pembagian itu merupakan gerakan yang diberi nama gerakan pembagian 10 juta bendera yang serentak seluruh daerah di Indonesia.

Bendera itu, kata dia, dibagikan kepada masyarakat, organisasi pejuang, dan organisasi masyarakat untuk dipasang serentak di lingkungannya masing-masing dalam rangka gerakan penghormatan bagi pejuang kemerdekaan RI.

"Ini merupakan gerakan sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa para pahlawan," katanya.

Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah menyatakan, pembagian bendera tersebut serentak seluruh Indonesia untuk kembali menggelorakan semangat masyarakat Indonesia dengan mengibarkan bendera merah putih.

Ia menyampaikan bendera merupakan simbol persatuan dan kesatuan bangsa, melalui pembagian tersebut semangat nasionalisme semakin meningkat dan tertanam di setiap jiwa masyarakat.
"Harapannya, semangat mengibarkan Bendera Merah Putih dapat ditingkatkan, sekarang memang sudah banyak terpasang bendera, bagi yang belum, mari segera memasang Bendera Merah Putih," katanya.

Kepala Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota AKBP SY Zainal Abidin menyatakan, pembagian bendera tersebut merupakan gerakan untuk memeriahkan HUT RI di Kota Tasikmalaya.

Baca juga: Kota Tasikmalaya mulai laksanakan vaksinasi cegah diare dan serviks

Ia berharap gerakan pembagian Bendera Merah Putih dapat meningkatkan rasa kebangsaan dan cinta kepada NKRI salah satunya dengan pengibaran bendera di HUT ke-78 RI.

"Kami berharap agar masyarakat dapat menanam rasa menghormati para pejuang kemerdekaan RI dengan motivasi bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya," katanya.


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023