Kereta kencana Ki Jaga Rasa yang disimpan di rumah anggota DPR RI Dedi Mulyadi kembali dipercaya untuk membawa bendera sang saka merah putih pada peringatan HUT ke-78 RI di istana negara, Jakarta.

"Ini sebuah kebanggaan dan kehormatan bagi saya kepada Presiden Jokowi yang setiap tahun memberikan tugas mulia pada Ki Jaga Rasa," kata Dedi, di Subang, Jumat.

Ia menyebutkan, kalau kegiatan Ki Jaga Rasa ke istana negara itu rutin digelar setiap Agustus menjelang hari kemerdekaan. Bertugas pada momentum peringatan HUT RI.

Pada tahun ini, kereta kencana Ki Jaga Rasa sudah keempat kalinya digunakan negara untuk membawa duplikat bendera pusaka saat kirab upacara hari kemerdekaan, dari Monas ke istana negara.

Ki Jaga Rasa selama ini disimpan di Bale Pamanah Rasa, Lembur Pakuan, Desa Sukasari, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang yang merupakan kediaman Dedi Mulyadi.

Kereta kencana buatan tahun 2008 itu dibawa menuju istana negara dengan pengawalan ketat TNI bersenjata lengkap pada Kamis (10/8) malam.

Namun sebelum diberangkatkan, Dedi Mulyadi sebagai pemilik kereta kencana Ki Jaga Rasa melakukan upacara adat pelepasan kereta kencana dari Bale Pamanah Rasa disaksikan langsung oleh ribuan warga.

Menurut Dedi, kereta kencana Ki Jaga Rasa merupakan simbol dari pemimpin yang menjaga, melindungi, dan mengayomi masyarakat dengan penuh rasa.

Ia mengatakan, keanekaragaman seni tradisi yang dibawakan atau ditampilkan saat kemerdekaan di istana negara merupakan refleksi dari identitas yang dibangun setiap daerah.

 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023