Antarajawabarat.com,29/10 - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, segera membentuk tim relawan demokrasi beranggotakan 25 orang yang bertugas menyosialisasikan Pemilihan Legislatif dan Presiden 2014 kepada masyarakat.

Tim relawan demokrasi ini bertugas untuk menyampaikan atau menyosialisasikan kepada masyarakat pentingnya berpatisipasi dalam pemilihan umum yang jujur, bebas dan adil," kata Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Deden Nurul Hidayat melalui telepon seluler, Selasa.

Ia menuturkan bahwa pembentukan tim tesebut merupakan intruksi dari KPU Pusat agar seluruh KPU Kota/Kabupaten membentuk relawan demokrasi.

Tujuannya, kata dia, mewujudkan demokratisasi menjelang Pemilu 2014.

"Setiap KPU daerah ditugasi membentuk tim relawan demokrasi yang anggotanya dari berbagai kalangan atau kelompok masyarakat," katanya.

Menurut dia, keberadaan tim relawan tersebut akan membantu tugas KPU dalam menjalankan demokrasi Pemilu 2014.

Suksesnya pemilihan umum, kata dia, karena adanya partisipasi masyarakat memberikan hak suaranya.

"Kami harap masyarakat pemilih di Kabupaten Tasikmalaya berpartisipasi menyalurkan suaranya untuk menjunjung nilai-nilai demokrasi," katanya.

Sementara itu, tim relawan tersebut akan dibentuk melalui seleksi yang cukup ketat sesuai aturan dan ketentuan petunjuk teknis dari KPU pusat.

KPU Kabupaten Tasikmalaya terbuka kepada masyarakat yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon relawan demokrasi dengan syarat berpendidikan minimal SMA/sederajat dan memahami tentang pemilihan umum.***1***

Feri P

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013