Tren penjualan kendaraan berbasis baterai di platform online seperti Tokopedia terus mencatatkan pertumbuhan yang positif, pada kuartal kedua di tahun ini mereka mencatat terdapat peningkatan 4 kali lipat untuk mobil listrik.

Dengan semakin maraknya pembelian kendaraan listrik di tanah air, Tokopedia memberikan lima hal yang harus diperhatikan oleh para calon pembeli kendaraan listrik di Tanah Air.

Perhatikan jarak tempuh
Untuk membeli kendaraan listrik memang tidak terlalu banyak perbedaan dengan membeli kendaraan konvensional pada umumnya, jarak tempuh dari kendaraan listrik ini juga perlu diperhatikan oleh para calon pembeli kendaraan listrik.

“Perhatikan jarak tempuh kendaraan listrik dalam sekali pengisian daya. Selain itu, pastikan juga kebiasaan mengemudi, mulai dari kecepatan, rute perjalanan hingga penggunaan AC, karena hal-hal tersebut berpengaruh ke tenaga serta daya tempuh kendaraan listrik,” kata Associate Vice President of Category Development Tokopedia, Fransiscus Leo Chandra dalam keterangan resminya, Kamis.

Tingkatkan daya listrik
Calon konsumen kendaraan listrik juga perlu memperhatikan kapasitas daya listrik mereka di rumah. Hal itu, dikarenakan untuk kebutuhan pengisian daya di rumah mereka dari kendaraan yang nantinya akan dibelinya.

Ketahui lokasi SPKLU
Bagi para pengguna kendaraan listrik, hal ini sangat penting untuk diketahui. Peran Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) bagi para pengguna kendaraan listrik menjadi sangat penting ketika kendaraan listrik mereka membutuhkan pengisian daya di luar rumah.

Perhatikan masa garansi
Garansi untuk kendaraan listrik menjadi sebuah hal yang patut untuk diperhatikan, terlebih masa garansi yang dimiliki oleh baterai. Masing-masing pabrikan memberikan masa garansi yang berbeda-beda untuk setiap kendaraannya.

Transaksi di diler terpercaya
Calon konsumen diharapkan membeli kendaraan listrik, baik untuk roda dua maupun roda empat di toko dengan layanan purna jual yang mumpuni.

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Lima hal yang harus diperhatikan ketika ingin beli kendaraan listrik

Pewarta: Chairul Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023