Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung mengungkapkan 1.225 jamaah haji asal Kabupaten Bandung telah kembali dari Tanah Suci sampai dengan Selasa ini.

Petugas pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji Kantor Kemenag Kabupaten Bandung, Nurdin, menjelaskan 1.225 jamaah haji yang dipulangkan untuk wilayah Kabupaten Bandung sudah empat kloter.

"Jadi itu dari empat kloter Kabupaten Bandung, kloter pertama itu tiba hari Sabtu (8/7), kloter kedua tiba Rabu (12/7), kloter tiga (15/7), dan kloter empat hari ini," ucap Nurdin di Kantor Kemenag Kabupaten Bandung, Selasa.

Nurdin merincikan bahwa pada kloter Kabupaten Bandung pertama ada 322 jamaah haji yang dipulangkan, kemudian dalam kloter kedua ada 392 jamaah, kloter ketiga ada 432 jamaah, dan kloter keempat ada 79 jamaah.

Jamaah haji asal Kabupaten Bandung sendiri, kata Nurdin, masih tersisa dalam enam kloter lagi yang akan dipulangkan dari Arab Saudi, yang akan dipulangkan dan tiba secara bergiliran sampai 3 Agustus 2023 mendatang.

Untuk jamaah haji meninggal dunia, Nurdin menjelaskan dalam tahun 2023 ini ada tujuh jamaah haji asal Kabupaten Bandung yang meninggal di Arab Saudi ketika melaksanakan ibadah haji, dan dikebumikan di sana.

"Untuk tahun ini, sampai dengan hari ini, ada tujuh jamaah asal Kabupaten Bandung yang meninggal dunia dan dikebumikan di Arab Saudi," katanya.

Secara umum, lanjut Nurdin, pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 ini di lingkungan Kabupaten Bandung berjalan lancar tanpa kendala yang terlalu mencolok.

"Masalah ada, perbaikan harus ada, tapi secara umum tahun ini lancar dan insyaAllah sukses," tuturnya.


Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023