Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan perbaikan Jakarta International Stadion (JIS) ditargetkan dapat selesai dalam tiga bulan, perbaikan itu dilakukan dalam rangka untuk mendukung perhelatan Piala Dunia U-17.

"Untuk perencanaan renovasi sudah kita mulai pada hari ini, waktu tiga bulan merupakan waktu tidak lama. Kita mulai perencanaannya dari sekarang untuk rencana kerjanya, kemudian kita harapkan renovasi JIS dapat selesai dalam tiga bulan dan pada saatnya nanti JIS dinilai oleh FIFA apakah layak atau tidak untuk perhelatan Piala Dunia U-17," ujar Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjadja di Jakarta, Selasa.

Endra menambahkan, JIS sendiri nantinya setelah direnovasi akan dilakukan pengecekan oleh Komite Keselamatan Bangunan Gedung (KKBG). Dirinya juga mengatakan bahwa pada intinya memang pada saat ini JIS perlu dilakukan perbaikan-perbaikan di beberapa aspek, terutama rumput, akses, parkir dan termasuk beberapa hal di luar stadion seperti stasiun atau terminal sementara untuk kereta api, ramp tol, dan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) dari Ancol.

"Kita punya benchmark stadion berstandar FIFA di Gelora Bung Karno (GBK) dan saya kira kita juga melihat masukan dari pakar yang memang selama ini membantu kita dalam menyiapkan standar-standar stadion untuk perhelatan internasional, seperti Piala Dunia U-20," katanya.

Kendati demikian, Endra mengatakan bahwa semua keputusan terkait penentuan JIS atau stadion-stadion mana saja yang akan menjadi lokasi pertandingan dan latihan untuk Piala Dunia U-17 pada akhirnya ditentukan oleh FIFA.


"Kita akan memenuhi standar dari FIFA yang seperti kemarin kita lakukan untuk Piala Dunia U-20. Kita hanya menawarkan stadion-stadion dan nantinya stadion yang mana dipilih oleh FIFA, hanya FIFA yang menentukan. Kita akan upayakan JIS dalam tiga bulan ini untuk sama standarnya dengan stadion-stadion yang akan kita usulkan kepada FIFA," ujarnya.


Jakpro gandeng DKI Jakarta hitung perbaikan JIS

Sementara itu, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menggandeng Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menghitung secara bersama-sama biaya perbaikan Jakarta International Stadium di Tanjung Priok, Jakarta Utara.
 
"Kami akan hitung secara teknis, tentunya ada lini waktu, kualitas harus benar-benar dijaga. Kami sama-sama dengan Pemprov DKI Jakarta akan laksanakan," kata Direktur Utama Jakpro (Perseroda) Iwan Takwin kepada wartawan di Jakarta Utara, Selasa.
 
Menurut perkiraan sementara dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, untuk biaya perbaikan rumput satu lapangan utama JIS sekitar Rp6 miliar. Biaya tersebut dibiayai Kementerian PUPR berbarengan dengan pembangunan akses jembatan penyeberangan orang (JPO) dari Ancol.
 
Sementara pembangunan akses (ramp off) tol Harbour Road (HBR) dikerjakan oleh Jasa Marga dengan dukungan pembangunan gerbang (gate) dari Kementerian PUPR.
 
Pemprov DKI, kata Basuki, membiayai pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) dari stasiun kereta api rel listrik (KRL) dekat JIS dan pembangunan pintu timur JIS.
 
Sedangkan pembangunan stasiun sendiri dikerjakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Kereta Api Indonesia (Persero). TransJakarta juga akan membantu mengkondisikan area antar jemput (shuttle) di dekatnya.
 
Dirut Jakpro mengatakan dengan kehadiran JPO tersebut, penonton bisa langsung menyeberang rel ke Jalan RE Martadinata. Iwan menambahkan JPO itu juga bisa langsung membawa orang yang keluar stadion menuju tempat parkir sisi timur JIS (bekas Kampung Bambu) dan menyeberang kali Ancol menuju area parkir dekat pintu gerbang karnaval.

Sehingga penonton yang memarkir kendaraan di Ancol, tidak perlu lagi menyeberang jalan dari Jembatan Ketel.
 
"Untuk kantong parkir penonton kemungkinan parkir di sekitar kawasan karena itu akan membangkitkan ekonomi sekitar, supaya tidak ada parkir liar. Kalau kami bersama Pemprov DKI Jakarta akan menyelesaikan seksi timur dan utara," kata Iwan pula.
 
Iwan mengatakan memang perlu ada sosialisasi kepada masyarakat secara masif agar bisa mendukung pelaksanaan manajemen lalu lintas di sekitar JIS ketika sedang menggelar pertandingan sepakbola.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kementerian PUPR targetkan perbaikan JIS selesai tiga bulan

Pewarta: Aji Cakti

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023