Wisatawan yang berkunjung ke Kebun Raya Cibodas (KRC) Cianjur, Jawa Barat, dapat menyaksikan langsung mekarnya bunga bangkai raksasa yang diperkirakan mekar sempurna saat libur panjang sekolah atau tepatnya di pertengahan bulan Juli.

General Manager Corcom PT Mitra Natura Raya KRC Zaenal Mutaqin di Cianjur, Jumat, mengatakan KRC merupakan obyek wisata edukasi yang memiliki koleksi jutaan jenis tanaman langka dan endemi dari sejumlah taman nasional di Indonesia, termasuk bunga bangkai asal Sumatera.

"Pada libur panjang sekolah tahun ini, salah satu koleksi tanaman langka yang akan mekar yaitu bunga bangkai raksasa atau nama Latin amorphophallus titanum becc atau the giant titans," katanya.

Sehingga wisatawan yang hendak berlibur ke kebun raya tahun ini, dapat menyaksikan mekarnya bunga bangkai raksasa yang pertumbuhannya sedikit berbeda karena tinggi kelopak diperkirakan tidak setinggi bunga bangkai raksasa yang pernah mekar.

Pertumbuhan bunga bangkai yang bibit nya dibawa dari taman nasional di daerah Sumatera itu, diperkirakan hanya memiliki tinggi kurang dari 1 meter berbeda dengan generasi sebelumnya yang memiliki tinggi lebih dari dua meter.

"Perkiraan bunga bangkai raksasa akan mekar sempurna di pertengahan bulan Juli, bertepatan dengan libur panjang sekolah. Sehingga wisatawan yang datang dapat mengenal langsung bunga yang mekar dua tahun sekali itu," katanya.

Sedangkan terkait angka kunjungan saat bunga bangkai raksasa mekar diperkirakan akan mengalami peningkatan seperti tahun sebelumnya yang mencapai 1.000 orang pengunjung pada hari biasa dan lebih dari 3.000 orang saat libur akhir pekan.

"Wisatawan juga dapat menikmati wahana baru seperti saung kelas edukasi dan rumah kaca konservatori yang berisi berbagai macam koleksi tanaman yang sedang dikembangkan Badan Riset dan Inovasi Negara (BRIN) RI," kata Zaenal.


 

Pewarta: Ahmad Fikri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023