Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengatakan, penanganan kasus stunting atau gagal tumbuh pada anak akibat masalah gizi kronis di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat harus diintervensi secara tepat.

"Kita harus terbuka dan jangan ada yang ditutupi terkait kondisi nyata stunting agar jika ada kasus stunting di daerah bisa diintervensi dengan tepat, untuk mempercepat penanganan," katanya di Sukabumi pada Sabtu, (24/6).

Menurut Iyos, berbagai program telah diluncurkan oleh Pemkab Sukabumi maupun pemerintah desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi melalui berbagai inovasinya yang melibatkan langsung kader kesehatan dan masyarakat.

Dengan gerakan pentahelix seperti kasus stunting bisa ditekan bahkan diturunkan. Maka dari itu, Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Sukabumi harus secara rutin membebekan (ekspos) hasil penangan stunting dari waktu ke waktu.

Tentunya dengan adanya data yang sesuai dengan kondisi nyata stunting, kasusnya bisa diintervensi dengan tepat. "Kita ingin melihat kondisi stunting yang sebenarnya mulai dari kondisi anak yang stunting hingga langkah-langkah yang akan dilakukan," tambahnya.

 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023