Mulai hari Sabtu (24/6) pukul 08.00 WIB hingga Senin (26/6) pukul 06.00 WIB, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) melakukan perbaikan jalan di Kilometer 36 pada ruas Tol Jakarta-Cikampek untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan sekaligus pemenuhan standar pelayanan minimal Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

"Pekerjaan perbaikan jalan dimaksud akan dilaksanakan mulai hari Sabtu (24/6) pukul 08.00 WIB hingga Senin (26/6) pukul 06.00 WIB," kata Senior Manager Representative Office 1 PT JTT Amri Sanusi, di Bekasi, Jumat petang.

Dia menjelaskan lokasi perbaikan jalan berada di Kilometer (Km) 36+536 sampai Km 36+571 pada lajur 2 arah Cikampek dengan panjang penanganan 35 meter.

Amri juga memastikan tidak ada penutupan jalan selama proses perbaikan berlangsung. Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek baik arah Jakarta maupun arah Cikampek masih beroperasi secara normal.

Pihaknya telah menyiapkan mitigasi risiko, di antaranya pengalihan arus lalu lintas yang terdampak sebelum area kerja, mempersempit area kerja, hingga persiapan skema lawan arah apabila kondisi lalu lintas kendaraan padat.

"Kami juga melakukan koordinasi dengan kepolisian yakni Patroli Jalan Raya dan juga PT Jasamarga Tollroad Operator dalam hal pengaturan lalu lintas," ujarnya pula.

Pihaknya juga melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan dan Variable Message Sign di kedua arah Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan.

PT Jasamarga Transjawa Tol menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya pekerjaan dimaksud.

Selain itu, Jasamarga juga mengimbau pengguna jalan mengantisipasi perjalanan dengan memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, serta mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan.

"Selalu patuhi protokol kesehatan dan persyaratan perjalanan sesuai aturan pemerintah serta berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan," kata dia lagi.

Pengguna jalan juga dapat mengakses seputar informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 4.1 untuk pengguna iOS dan Android.

Sebelumnya pada Sabtu (17/6) pekan lalu, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) juga melakukan rekonstruksi tiga titik ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan sekaligus pemenuhan standar pelayanan minimal Badan Usaha Jalan Tol.

"Tidak ada penutupan jalan selama pekerjaan berlangsung. Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta maupun Cikampek beroperasi secara normal," ujar Senior Manager Representative Office 1 PT JTT Amri Sanusi di Bekasi.

Amri merinci pekerjaan perawatan jalan titik pertama berlokasi di Kilometer (KM) 34+315 sampai KM 35+216 pada lajur 1 arah Cikampek dengan panjang penanganan 106 meter mulai Sabtu (17/6) pukul 08.00 WIB hingga Kamis (22/6) pukul 11.00 WIB.

Pekerjaan titik kedua berada di KM 35+982 sampai KM 35+872,5 pada lajur 1, lajur 2, dan bahu luar arah Jakarta dengan panjang penanganan 109,5 meter mulai Senin (19/6) pukul 10.00 WIB hingga Minggu (25/6) pukul 05.00 WIB.

Sementara pekerjaan titik ketiga mulai dari KM 11+445 hingga KM 11+340 pada lajur 1 arah Jakarta dengan panjang penanganan 105 meter yang akan dilaksanakan mulai Jumat (23/6) pukul 21.00 WIB sampai dengan Senin (26/6) pukul 04.00 WIB.

Pihaknya telah menyiapkan mitigasi risiko di antaranya pengalihan arus lalu lintas yang terdampak sebelum area kerja, mempersempit area kerja, hingga persiapan skema lawan arah apabila kondisi lalu lintas kendaraan padat.

Pemeliharaan periodik

PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) melanjutkan pekerjaan pemeliharaan periodik ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek guna menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan sekaligus pemenuhan standar pelayanan minimal badan usaha jalan tol.
 
"Pekerjaan pemeliharaan periodik scrapping, filling, overlay ini dimulai tadi pagi (Kamis,18/5) hingga sore pukul 16.00 WIB nanti," kata Senior Manager Representative Office 1 PT JTT Amri Sanusi di Bekasi, Kamis.
 
Dia mengatakan pekerjaan ini dilakukan di dua titik yakni Kilometer (KM) 38+670 sampai KM 38+605 lajur empat arah Jakarta dengan panjang penanganan 65 meter, serta KM 38+582 hingga KM 38+499 lajur empat arah Jakarta sepanjang 83 meter.
 
"Tidak ada penutupan jalan akibat pekerjaan dimaksud. Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta maupun arah Cikampek masih beroperasi secara normal," katanya.

Pihaknya telah menyiapkan mitigasi risiko diantaranya pengalihan arus lalu lintas yang terdampak sebelum area kerja, mempersempit area kerja, hingga persiapan skema lawan arah apabila kondisi lalu lintas kendaraan padat.
 
"Kami juga melakukan koordinasi dengan kepolisian yakni PJR (Patroli Jalan Raya) dan PT Jasamarga Tollroad Operator dalam hal pengaturan lalu lintas," katanya.

Selalu ramai dilalui kendaraan

PT Jasamarga Transjawa Tol mencatat sebanyak 105.996 kendaraan meninggalkan Jakarta menuju Trans Jawa melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama pada periode tiga hari libur panjang yakni 31 Mei hingga 2 Juni 2023.
 
VP. Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol Ria Marlinda Paallo mengatakan total volume kendaraan yang meninggalkan wilayah Jakarta melalui GT Cikampek Utama ini mengalami kenaikan dibandingkan lalu lintas normal.
 
"Terjadi kenaikan sebesar 23,33 persen dari lalin (lalu lintas) normal yakni sebanyak 85.947 kendaraan," katanya di Bekasi, Sabtu.
 
Pihaknya juga mencatat ada 82.768 kendaraan terpantau menuju Jakarta melalui GT Cikampek Utama atau turun 0,39 persen terhadap lalu lintas normal sebanyak 83.092 kendaraan.

PT Jasamarga Transjawa Tol juga mencatat volume lalu lintas pada periode yang sama di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan rincian 60.637 kendaraan menuju Semarang melalui GT Kalikangkung atau naik 26,18 persen dari lalu lintas normal 48.055 kendaraan.
 
Sementara 43.589 kendaraan terpantau meninggalkan Semarang melalui gerbang tol yang sama atau naik 3,29 persen dari lalu lintas normal sebanyak 42.199 kendaraan.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jasa Marga memperbaiki Km 36 Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023