Grup musik legendaris ELEMENT saat ini sudah merilis aransemen ulang salah satu lagu hit mereka yang bertajuk “Sadar Tanpa Dirimu” pada 16 Juni 2023, lagu tersebut merupakan bagian dalam album mereka yang bertajuk “DIALOG”.

Melalui siaran resminya, Minggu, “Sadar Tanpa Dirimu” merupakan lagu yang sebelumnya telah dirilis pertama kali pada 2004. Formasi terkini grup band itu yakni Ferdy Tahier (Vocalis), Lucky Widja (Vocalis), Arya Dei (Gitaris), Fajar Maringka (Kibordis), Didi Riyadi (Drumer), dan Adhitya Pratama (Gitaris).

Pada rilisan awalnya, lagu tersebut memiliki dua versi yaitu versi piano dan versi string. Dalam versi remastered ini, ELEMENT menggabungkan dua versi awal menjadi sebuah lagu baru. Kemudian, dipulas dengan nuansa harmonisasi dari duo vokalis, menambah suasana lagu tersebut lebih romantis dalam kisah-kisah lagu senja masa kini yang sedang marak di Indonesia.

Baca juga: Terminal Leuwipanjang sajikan hiburan musik dalam arus balik lebaran 2023

Pemilihan single yang di-remastered oleh ELEMENT itu merupakan dari hasil keputusan bersama para personelnya.

“Pada suatu jadwal latihan bersama beberapa bulan lalu, kami coba mendengar ulang lagu-lagu kami di album DIALOG. Ketika mendengar lagu 'Sadar Tanpa Dirimu' langsung terlintas pemikiran saya, kenapa enggak menggabungkan dua versi jadi satu, jadi suatu yang baru?” ucap Lucky Widja.



“Dengan harmonisasi vokal yang dapat dimaksimalkan oleh Lucky, dapat menambah jumlah pecahan suara yang menarik dalam lagu tersebut, membuatnya jadi terdengar lebih catchy dan kekinian,” timpal Arya Dei sang gitaris.

Sedari awal album DIALOG dirilis sang pencipta lagu yakni Ferdy Tahier. Dia sangat yakin akan kemampuan lagu ini untuk menjadi single. Ia pun langsung mengamini rencana remastered tersebut.

“Lagu ini sebenarnya cukup kuat untuk dijadikan single ke-3 pada saat rilis album tahun 2004 dulu, tapi sayangnya waktu itu lagu yang bernuansa seperti ini pada zamannya hanya diperlakukan sebagai lagu pelengkap dari sebuah album,” kata Ferdy.

Baca juga: Grup musik Lomba Sihir tur ke 4 kota mulai dari Bandung

Sang drumer Didi Riyadi mengaku dirinya cukup antusias dengan remastered lagu pada album ke-4 itu.

Ia berharap lagu tersebut dapat diterima di pasaran dan menjadi lagu yang bisa kembali banyak didengar masyarakat luas.

"Saya sendiri berharap lagu ini dapat diterima dan meledak di pasaran. Jadinya kalau sesi manggung, kan lumayan saya bisa break sambil ajak penonton nyanyi bareng kami,” katanya.

Sebagai penutup, Adhitya Pratama menjelaskan bahwa ELEMENT akan kembali menunjukkan taringnya di kancah musik Indonesia dan sangat bersemangat akan hal ini.

 

Duet Vokalis Element

Setelah sekian lama tidak tampil di dunia hiburan, kemudian ditambah dengan wabah COVID-19 membuat dunia hiburan semakin sepi.

Namun di tengah pandemi saat itu tidak menghalangi untuk terus berkarya, Ferdy Tahier dan Lucky Widja yang dikenal sebagai vokalis Element Reunion, merilis lagu berjudul "Buka Hatimu Dunia" untuk membantu Indonesia melawan pandemik virus corona.

Baca juga: Soundrenaline 2023 bakal digelar September mendatang

Ferdy menyampaikan tema dari single itu adalah untuk membuka hati semua pihak kepada sesama, agar bisa mengingat bahwa semua tidak sendiri dalam menghadapi wabah.

Lagu ini juga ditunjukkan untuk memberikan dukungan bagi para tenaga medis dan masyarakat yang masih terpaksa mencari nafkah di tengah pandemik virus corona.

"Sebagian dari kita juga ada yang mencari nafkah dengan cara meninggalkan rumah dan juga ada yang sebagian profesinya adalah membantu orang yang sedang sakit akibat wabah ini, juga para petugas keamanan Jakarta dan Indonesia," katanya.
 

Komposisi musik "Buka Hatimu Dunia" dibuat sangat simpel dan minimalis. Keduanya berharap single ini mudah untuk dinyanyikan oleh seluruh masyarakat di Indonesia, dan juga mampu menyerukan hati bagi seluruh masyarakat yang sedang berduka.

"BHD Management berharap untuk dapat memberikan hiburan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang sedang mengalami masa karantina di rumah saja agar selalu waspada dan juga menjaga kesehatannya," lanjut Ferdy.

Ferdy juga mengajak masyarakat luas untuk turut serta memerangi COVID-19 melalui kampanye media sosial dengan tagar #dirumahaja #staystrong #Bukahatimudunia #Kopijujurlawancorona, serta berdonasi melalui kitabisa.com/bukahatimudunia.

"Ini untuk aksi donasi yang ditujukan kepada para penjaga garis depan negara dalam menghadapi wabah bencana ini," imbuhnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: ELEMENT rilis aransemen ulang lagu "Sadar Tanpa Dirimu"

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri

Editor : Feri Purnama


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023