Tim bulu tangkis nasional Indonesia menggantungkan harapan meraih gelar Indonesia Open 2023 pada satu-satunya wakil yang tersisa, Anthony Sinisuka Ginting, yang akan melakoni laga final di Istora Gelora Bung Karno, DKI Jakarta, pada Minggu (18/6) sore.

Upaya Ginting menjadi juara tunggal putra Indonesia pertama di Indonesia Open sejak 2012 tampaknya sulit. Lawan yang dihadapinya adalah "Monster" Viktor Axelsen dari Denmark. 
 
"Ya tidak bagaimana-bagaimana," kata Ginting secara singkat soal pertemuannya dengan Axelsen pada babak final, Sabtu (17/6) malam.
 
Pemain nomor dua dunia tunggal putra itu juga santai meski menjadi wakil Indonesia terakhir yang tersisa di turnamen BWF Super 1000.

“Nggak ada, jadi nggak ada pikiran ke sana (menjadi beban). Maksud saya, kesempatan ini lolos ke semifinal, jadi saya ingin berusaha yang terbaik," kata Ginting.  

Axelsen adalah lawan yang matang dalam segala hal, baik secara fisik maupun mental. Kesuksesannya meraih medali emas di Olimpiade Tokyo 2020 menjadi puncak kebangkitannya sebagai atlet yang sebelumnya tak terkalahkan.

Terkadang aksi Axelsen di lapangan sudah bisa diprediksi sejak awal karena ia memiliki peluang menang yang sangat tinggi di setiap pertandingan yang dimainkannya. 
 
Menanggapi hal tersebut, Ginting mempersiapkan ketahanan fisiknya untuk melayani Axelsen.

“Secara pribadi, saya mencoba untuk lebih fokus. Mulai saat ini, pemulihan akan terus mengevaluasi dan mempersiapkan pertandingan besok. Jadi lihat besok gimana dan minta dukungannya, mudah-mudahan besok bisa main lebih bagus lagi," kata Ginting.  

Laga Ginting vs Axelsen merupakan laga pamungkas final Indonesia Open 2023, dengan laga pembuka dimulai pada Sabtu pukul 12.00 WIB. Berikut jadwal final turnamen Indonesia Open 2023:  
 
 
Ganda campuran:Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (Tiongkok) vs. Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang)

Tunggal Putri: Carolina Marin (Spanyol) vs Chen Yu Fei (Cina)

Ganda putri: Baek Ha Na/Lee So Hee (Korea Selatan) vs. Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang)

Ganda putra: Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India) vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia)

Tunggal Putra: Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia) vs Viktor Axelsen (Denmark).
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ginting jadi harapan Indonesia amankan gelar di partai puncak

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar

Editor : Ajat Sudrajat


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023