Antarajawabarat.com,27/8 - Pemilihan Kepala Daerah Kota Banjar, Jawa Barat, digelar Rabu (28/8) yang akan diikuti lima pasangan calon wali kota dan wakil wali kota.

"Persiapan pelaksanaan pilkada telah selesai, seluruh logistik termasuk surat suara sudah didistribusikan," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar Nur Rifai yang dihubungi melalui telepon seluler, Selasa.

Lima pasangan calon itu tiga di antaranya dari jalur perseorangan dan dua pasangan diusung partai politik.

Ia menuturkan, sosialisasi pelaksanaan Pilkada Kota Banjar kepada seluruh masyarakat terutama pemilih pemula sudah dilakukan melalui berbagai media.

"Sosialisasi terhadap lima pasangan calon wali kota/wakil wali kota Banjar juga sudah dilakukan oleh KPU termasuk oleh masing-masing pasangan calon melalui kampanye terbuka dan pemasangan baliho serta spanduk," katanya.

Ia menambahkan, untuk sosialisasi sudah cukup maksimal, semua segmen sudah tersentuh, mudah-mudahan pelaksanaan pilkada berjalan lancar dan sukses.

Lima pasangan calon tersebut berdasarkan nomor urut yakni pasangan H Maman Suryaman-Wawan Ruswandi (1), Ijun Judasah-R Mochammad Shodiq (2), Kol.(purn) CZI H Herli Rusli Suyatin-Wawan Gunawan (3). Semuanya dari jalur perseorangan.

Selanjutnya pasangan nomor urut 4. Hj Ade Uu Sukaesih-Darmadji Prawirasetia diusung Partai Golkar dan gabungan PKS, PPP, PAN, PKB, Gerindra dan PKPI.

Pasangan nomor urut 5 Akhmad Dimyati (Wakil Wali Kota Banjar saat ini)-KH Muin Abdurrochim dari kalangan ulama diusung oleh PDI Perjuangan dan PBB.

Lima pasangan calon akan dipilih masyarakat yang sudah tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 138.983 orang dengan jumlah tempat pemungutan suara 306 yang tersebar di empat kecamatan.

Pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Kota Banjar mulai pukul 08.00 hingga 13.00 WIB. Petugas keamanan akan dikerahkan berjaga di setiap TPS.

"Untuk pengamanan sudah bekerja sama dengan pihak kepolisian dibantu Linmas, bahkan petugas sudah mulai menjaga TPS," kata Rifai.***1***


Feri P

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013