Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) meninjau Situ Jatijajar di Tapos, Kota Depok yang sedang proses revitalisasi untuk dijadikan objek wisata.

"Pekerjaan revitalisasi Situ Jatijajar sudah 60 persen tinggal 40 persen yang merupakan proyek dari APBD Provinsi Jawa Barat 2023 sebesar Rp2,7 miliar," kata Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Hasbullah Rahmad, di Depok, Senin.

Hasbullah Rahmad mengatakan revitalisasi Situ Jatijajar diperuntukkan untuk menjaga kelestarian, tandon (penampungan) air dan tempat wisata lokal.

"Di wilayah Situ Jatijajar ada cagar budaya juga. Saya kira itu lengkap Situ Jatijajar. Harus kita promosikan juga kalau disini ada situs sejarah ada juga rekreasi wisata alam," tuturnya.

Hasbullah Rahmad berharap usai dilakukan revitalisasi Situ Jatijajar harus ada kolaborasi antara pemerintah daerah dengan pemerintah provinsi yakni UPT SDA Provinsi Jawa Barat.

"Ini kan kalau sudah dibangun harus ada yang memelihara. Jadi saya kira, UPT SDA provinsi bisa berkolaborasi dengan Pokdarwis (di Depok), karena hampir semua situ di Depok ada Pokdarwisnya," ungkapnya.

Hasbullah Rahmad menambahkan ada 23 situ di Kota Depok memiliki potensi besar jika dikelola dengan baik dan menampung jutaan meter kubik air.

"Juga kalau ditata secara baik, itu menjadi tempat kunjungan wisata lokal yang baik. Sehingga ada pertumbuhan ekonomi juga. Kalau dibuat panggung hiburan itu menumbuhkan budaya juga. Jadi saya kira banyak faedahnya lah kalau ini dikelola secara baik," ujarnya

 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023