Bakal calon presiden (bacapres) yang diusung PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo mengatakan akan kembali lagi ke wilayah Cirebon dan sekitarnya usai melakukan safari politik.

“Saya akan datang lagi,” kata Ganjar di hadapan wartawan usai bersilaturahmi dengan influencer dan Gen Z di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu.

Ganjar mengatakan dirinya disambut dengan meriah di Cirebon. Pada pagi hari dirinya berolahraga lari, mencicipi kuliner, lalu bertemu tokoh agama di Pondok Pesantren Buntet dan para seniman.

“Tadi mereka menceritakan kepada saya bagaimana eksistensi dari kelompok-kelompok ini penting untuk bisa hidup dan berkembang,” kata Ganjar.

Ia lanjut menuturkan bahwa seniman bisa mendapatkan ruang tampil, kemudian para tokoh agama menunjukkan bahwa mereka-merekalah yang menjaga hubungan baik antarpenganut agama yang ada di Cirebon.

“Dan mereka bisa tunjukkan bahwa kita bisa duduk bareng, kita ngobrol bareng. Kita bisa berdiskusi. Maka segalanya bisa dimoderasi dengan enak gitu. Ini salah satu contoh yang ada di sini,” ucapnya.

Ganjar juga disuguhkan pertunjukan banyak produk khas Cirebon. Selain kuliner, ada juga produk batik khas dan seni lukis kaca.

“Lukis kaca, ini yang saya paling suka, paling suka lukis kacanya. Karena ini agak jarang keterampilan lukis kaca dimiliki termasuk ukir. Ya di Jepara juga ada seni ukir. Tapi di sini ukirnya penuh dengan kekhasan. Dengan cerita sejarah yang sangat panjang,” ulasnya.
Ganjar juga mengapresiasi para anak muda influencer yang bersilaturahmi dengannya pada sore hari.

Ia mengakui bahwa usai bertemu dengan para anak muda itu, Ganjar mendapatkan banyak inspirasi baru.

“Jadi hari ini cukup lengkap dalam sehari penuh saya berkeliling di Cirebon,” kata Ganjar.


Jurkam 4 kali Capres

Sebelumnya pada kesempatan terpisah bakal calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo mengungkapkan dirinya pernah menjadi juru kampanye (jurkam) untuk Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo saat keduanya maju dalam pemilihan presiden (pilpres).

"Ya, jelek-jelek begini saya pernah menjadi jurkam untuk pilpres (sebanyak) empat kali. Dua kali untuk Bu Mega (2004 dan 2009) dan dua kali Pak Jokowi (2014 dan 2019)," ujar Ganjar ketika menyampaikan sambutan di Stadion Utama Bima, Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu.

Selain itu, Ganjar juga mengungkapkan bahwa pernah menjadi anggota DPR RI.

Ganjar menjadi anggota DPR sebelum ditugaskan untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) di Jawa Tengah sehingga akhirnya bisa memimpin Jawa Tengah selama dua periode.
Dalam kesempatan itu, Ganjar pun menyampaikan terima kasih kepada Megawati dan Presiden Jokowi.

"Terima kasih, saya mau sampaikan hormat saya. Terima kasih saya kepada Bu Mega yang sudah memberikan saya amanat ini, serta tentu banyak dukungan kepada saya," ujar Ganjar.

Ia juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo yang telah memberikan arahan kepadanya dalam konteks pemerintahan.

"Terima kasih saya juga saya berikan kepada Pak Presiden, Pak Jokowi, yang selalu memberikan guidance kepada saya dalam konteks pemerintahan dan bagaimana kami saling memperkuat," ujarnya.

Ganjar Pranowo menghadiri konsolidasi pemenangan DPC PDI Perjuangan Cirebon di Stadion Utama Bima.

Di sana, struktural partai dari tingkat anak ranting hingga provinsi dan organ sayap partai telah hadir.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto yang dijadwalkan akan hadir dalam acara konsolidasi tersebut, dikonfirmasi berhalangan hadir usai kabar duka mengenai ayah mertua Puan Maharani, Bambang Sukmonohadi, yang meninggal dunia pada Jumat (2/6) malam.

Melanjutkan kegiatan, Gubernur Jawa Tengah itu akan bersilaturahmi dan sowan ke K.H. Adib Rofiuddin Izza selaku Pengasuh Pondok Al-Inaaroh Al-Hikam Buntet Pesantren Cirebon, Jawa Barat.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Usai safari politik di Cirebon, Ganjar Pranowo: Saya akan datang lagi

Pewarta: Putu Indah Savitri

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023