Sekitar 16 ribu ibu hamil (bumil) ditargetkan mendapatkan pelayanan kesehatan ultrasonografi (USG) gratis di puskesmas yang tersebar di wilayah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

"Pelayanan kesehatan USG gratis itu akan diberikan melalui semua Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama milik pemerintah atau pusat kesehatan masyarakat (puskesmas)," kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Jumat.

Ia menyampaikan, langkah itu ditempuh sebagai wujud komitmen pemerintah kabupaten dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan ibu hamil dan upaya percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi, serta penurunan prevalensi balita stunting.

Data dari Dinas Kesehatan Purwakarta, jumlah ibu hamil yang menjadi proyeksi sasaran mendapatkan pelayanan USG gratis mencapai 17.766 ibu hamil.

"Pemkab Purwakarta menargetkan minimal 80 persen dari jumlah itu atau sekitar 16 ribu ibu hamil mendapatkan pelayanan USG gratis," kata bupati.

Disampaikan kalau proses pendataan para ibu hamil yang ditargetkan mendapatkan pelayanan USG gratis sejak Januari hingga April 2023 sudah mencapai 4.015 ibu hamil atau 22,6 persen dari target yang telah ditetapkan.

"Kita telah menginstruksikan Dinas Kesehatan dan instansi terkait untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Kita harapkan target ibu hamil yang mendapatkan pelayanan USG gratis ini bisa terpenuhi atau bahkan bisa melampaui target," kata Anne.

 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023