Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu malam, telah menerima pendaftaran bakal calon anggota DPRD Kota Bandung dari seluruh partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2024.

Sekitar pukul 21.30 WIB, kata Ketua KPU Kota Bandung Suharti, 18 partai peserta Pemilu 2024 sudah mendaftar ke KPU Kota Bandung.

"Sudah 18 partai yang mendaftar, pagi tadi ada PKN, lalu Demokrat. Sore sampai malam, kami menerima PPP, Partai Buruh, Gelora, dan Garuda. Pendaftaran tutup pada pukul 23.59 WIB, dan masing-masing parpol mendaftar 50 calonnya sesuai dengan jumlah kursi DPRD," kata Suharti di Gedung KPU Kota Bandung.

Jika ada kekurangan saat pendaftaran, Suharti menyebutkan ada dua hal, yakni terkait dengan syarat pencalonan dan syarat bakal calon. Terkait dengan syarat pencalonan, pada hari ini pukul 23.59 WIB parpol harus sudah dinyatakan lengkap dan sah.

Akan tetapi, lanjut dia, kalau bakal calon itu harus diverifikasi mulai 15 Mei sampai 23 Juni 2023. Parpol berhak melakukan perbaikan pada tanggal 26 Juni sampai 9 Juli 2023.

"Syarat pencalonan itu mesti ada tiga dokumen, yakni surat pengajuan yang sudah ditandatangani ketua dan sekretaris, daftar bakal calon dari tujuh dapil, dan surat persetujuan dari DPP," katanya.

Untuk daftar bakal calon, lanjut dia, harus sesuai dengan SK DPP. Syarat bakal calon itu mulai KTP, KTA, ijazah, hingga surat pengadilan.
"Yang penting ada (kelengkapan syaratnya), tetapi keabsahannya akan dilakukan verifikasi pada tanggal 15 Mei sampai 23 Juni 2023. Pada tanggal 26 Juni sampai 9 Juli 2023, parpol diperbolehkan memperbaikinya," katanya menambahkan.

Partai terakhir yang mendaftar ke KPU Kota Bandung adalah Partai Buruh. Partai nomor urut 6 ini datang sekitar pukul 21.00 WIB di depan gerbang KPU Kota Bandung.

Partai Buruh akhirnya masuk dan mendaftar secara resmi ke KPU Kota Bandung sekitar pukul 21.20 WIB yang diterima oleh Ketua KPU Kota Bandung Suharti.

Saat ditemui selepas mendaftar, Ketua Partai Buruh Exco Kota Bandung Prana Rifsana mengatakan bahwa pihaknya menargetkan bisa meraih satu kursi di tiap daerah pemilihan, dan lebih dari satu kursi di Bandung Timur.

"Kami ingin setiap dapil satu kursi, kami berharap lebih dari satu di kantung buruh di Bandung Timur," kata Prana.

Walaupun mendaftar terakhir, dia berharap Partai Buruh di Kota Bandung juga bisa berjaya dalam Pemilihan Umum 2024.

"Kami juga mengharap dari pemilih muda yang dengan gayanya bisa menyuarakan apa keresahannya yang selalu menjadi objek terkait dengan regulasi yang merugikan kelas pekerja," ucap Prana menambahkan.


 

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023