Antarajawabarat.com,23/7 - Tim seleksi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat membuka pendaftaran calon anggota KPU Jawa Barat periode 2013-2018, pendaftaran dimulai pada 27 Juli hingga 5 September 2013 di Kantor KPU Jabar Jalan Garut, Kota Bandung.

"Dalam rangka melaksanakan ketentuan pasal 18 ayat 3 huruf e UU Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilu, Tim Seleksi KPU Jabar membuka pendaftaran calon anggota KPU Jawa Barat 2013-2018," kata Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU Jawa Barat Abdul Aziz, Selasa.

Menurut dia, formulir kelengkapan administrasi persyaratan calon anggota KPU Jawa Barat bisa melalui website http://www.kpu.jabarprov.go.id atau email ke sekretariat@jabarprov.go.id.

Ia mengatakan, karena masa jabatan anggota KPU Jawa Barat saat ini akan berakhir pada 22 September 2013 sehingga tim seleksi harus menyerahkan nama-nama calon anggota KPU Jawa Barat ke KPU pusat.

"Jadi kami harus menyerahkan nama-nama seminggu sebelum masa berakhir tugas mereka (anggota KPU Jabar sekarang) atau tanggal 12 September 2013 harus sudah selesai," kata dia.

Dikatakan dia, semua pendaftar akan mengikuti berbagai seleksi dari mulai seleksi administrasi, tertulis, kesehatan, psikologi dan wawancara.

"Setelah melewati itu semua maka akan disaring menjadi 20 besar atau 20 calon," katanya.

Ke-20 besar ini, lanjut Abdul, nantinya akan diumumkan ke publik melalui media massa dan masyarakat bisa memberikan tanggapan atas jejak rekam ke 20 orang tersebut.

Dijelaskan dia, dari 20 orang itu maka pihaknya akan menetapkan 10 nama yang akan diserahkan ke KPU pusat.

"Dan nanti KPU pusat akan memilih dengan rincian 5 orang untuk melaksanakan tugas dan 5 orang lagi untuk cadangan," katanya.***1***

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013