Antarajawabarat.com,22/7 - Klub sepak bola Saswco Bandung yang mewakili Asia Tenggara bersiap menuju Inggris untuk berlaga di ajang Manchester United Premier Cup (MUPC) 2013.

Keberhasilan Saswco ini merupakan sejarah karena kali pertama tim asal Indonesia masuk arena MUPC, setelah bergulir 20 tahun.

"Sebanyak 16 pemain dan tujuh official akan bertolak pada 3 Agustus mendatang," kata Ketua Kontingen Saswco Bandung Budi Rachman Haruman, saat berkunjung ke Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Gedung Sate Bandung, Senin.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyemangati skuad Saswco Bandung sebelum terbang ke Inggris mengikuti Manchester United Premier Cup (MUPC) 2013 pada 5-9 Agustus mendatang.

"Official dan khususnya para pemain diminta sedikitpun tidak berpikir kalah saat tampil di Stadion Old Trafford, Inggris," kata Heryawan.

Ia mengatakan, keberhasilan Saswco mewakili Asia Tenggara merupakan bukti putra Jabar tersebut memiliki bakat dan kemampuan besar di bidang sepakbola.

"Kita mewakili Asia bersama China, Jepang, dan Korea Selatan. Selanjutnya Saswco akan bertarung bersama tim-tim yang sudah tidak asing lagi di kancah sepakbola dunia, seperti Arsenal, Real Madrid, Boca, dan Manchester United," katanya.

Ketika ditanyakan dukungan apa yang akan diberikan oleh pihaknya untuk Saswco, Heryawan mengatakan dirinya akan mengkonsolidasikan dengan pihak lain seperti KONI Jawa Barat, pihak swasta seperti Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar.

"Supportnya itu wah itu harus di anggarkan di APBD, kita akan konsolidasi dengan KONI, perusahaan swasta, termasuk dengan Persib. Mungkin kita masih mikir untuk uang saku. Yah, nanti mungkin dengan Pak Umuh, KONI konsolidasi mudah-mudahan bisa patungan bersama," katanya.

MUPC digelar pertama kali pada 1993 dengan nama Nike Premier Cup.

Awalnya, sebanyak 624 klub seluruh dunia berlaga memperebutkan tiket ke Stadion Old Trafford, markas Manchester United (MU).

Pada musim ke-20, MUPC melibatkan sekitar 9.000 tim dari 40 negara.

Setelah melalui seleksi berjenjang, 19 kesebelasan dari 19 negara ditambah satu tim tuan rumah masuk Old Trafford untuk memperebutkan posisi juara.

Tim U-15 Swaswco sendiri salah satu di antara empat skuad Asia.

Tiga tim lain berasal dari negara langganan Piala Dunia: Shandong Luneng FC (China), Omiya Ardija (Jepang), dan Ulsan Hyundai (Korea Selatan).

Indonesia mengirimkan putra terbaiknya sebagai wakil Asia Tenggara di MUPC setelah Saswco menggilas tim Thailand di partai final.

Selain juara, Saswco meraih gelar Pemain Terbaik (Gian Zola) dan Top Skor (Wildan).

Anak-anak Saswco yang berasal dari berbagai sekolah sepakbola di Jawa Barat bakal bertarung, antara lain, dengan klub U-15 Borusia Dortmund, AC Milan, Real Madrid, Arsenal, Boca Junior, dan tuan rumah MU.***4***

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013