Sembilan pelajar SMP Negeri 2 Cianjur menampilkan seni budaya Indonesia, khususnya Sunda, di SMP Yachimata, Prefektur Chiba dalam program pertukaran pelajar pada 13-17 Maret 2020.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo, Jumat, mengaku bangga atas keberhasilan SMPN2 Cianjur dalam memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada siswa-siswi di Jepang.

Ia berharap ke depannya program pertukaran budaya semacam itu dapat terus dilakukan untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dan Jepang.

“Selain dapat menjadi duta bangsa mempromosikan Indonesia, siswa Cianjur dapat belajar tentang adat istiadat, tarian tradisional, dan bahasa Jepang serta berkesempatan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Jepang dan belajar tentang sejarah dan budaya negara tersebut. Jadi akan terjadi saling kenal antar dua bangsa selagi usia muda. Ini penting bagi hubungan Indonesia-Jepang yang tahun ini memasuki 65 tahun,” katanya.

Sementara itu, menurut Kepala Sekolah RI Tokyo (SRIT) Ari Dyaningsih, program pertukaran budaya itu sangat penting untuk membuka wawasan dan memperkenalkan kebudayaan dari berbagai negara kepada siswa.
 

Dia juga mengapresiasi tampilan budaya SMPN 2 Cianjur yang meliputi tari Jaipong, permainan kecapi Sunda, pencak silat dan angklung.

 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023