PT KAI Daop 1 Jakarta berupaya mengaktifkan jalur sisi kanan rel dari arah Stasiun Paledang karena tanah di bawahnya tidak ikut tergerus longsor tebing penahan tanah (TPT) di RT07/RW04 Kampung Sirna Sari Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat pada Selasa (14/3) pukul 23.00 WIB.

Longsor TPT di lokasi tersebut menyebabkan rel di sisi kiri dari arah Paledang menuju Stasiun Batutulis menggantung sepanjang 25 meter, sehingga tidak dapat dilalui oleh kereta api Pangrango jurusan Bogor-Sukabumi sejak Selasa(14/3) malam hingga Rabu (15/3) malam ini.

"Upaya percepatan perbaikan jalur KA yang terdampak longsor di antara Bogor Paledang - Batu Tulis terus dilakukan tim prasarana PT KAI Daop 1 bersama Ditjen-KA Kemenhub hingga malam ini, kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya, Rabu malam.

Eva menerangkan, salah satu upaya PT KAI hingga malam ini di antaranya melakukan sejumlah perkuatan konstruksi rel khususnya pada jalur hilir yang tidak terdampak longsor, agar memungkinkan dapat di lewati kereta api satu jalur dengan mengedepankan prinsip keselamatan dan keamanan.

"Sebelum dioperasikan, proses uji coba menggunakan lokomotif juga akan dilakukan. Jika dari sisi keselamatan jalur dinyatakan aman maka KA Pangrango dapat dioperasikan," katanya.

Sementara,  untuk jalur hulu yang terdampak longsor dengan kondisi rel menggantung sepanjang 25 meter proses perbaikan akan dilakukan dengan sejumlah tahapan pekerjaan sampai di nyatakan aman untuk operasional KA.

Bagi masyarakat yang telah melakukan pembelian tiket untuk perjalanan hari Kamis (16/3), jika KA Pangrango sudah dapat beroperasi maka informasi juga akan diberikan melalui pesan singkat ke nomor kontak yang telah dicantumkan saat melakukan transaksi tiket.

Selain itu masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan KA Pangrango dan Proses Pembatalan Tiket juga dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121

Berdasarkan data pada Rabu 15 Maret 2023 terdapat sekitar 800 tiket yang sudah diproses untuk pembatalan dengan bea tiket yang diganti 100 persen. 

 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023