Antarajawabarat.com,11/4 - Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat mengharapkan agar KPU tingkat kabupaten/kota segara menyerahkan laporan realisasi penggunaan anggaran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2013-2018.

"Jadi hari Rabu ini adalah tenggat waktu bagi semua KPU kabupaten/kota di Jawa Barat untuk menyerahkan laporan realisasi penggunaan anggaran Pilgub Jabar 2013 kepada kami (KPU Jawa Barat)," kata Sekertaris KPU Jawa Barat Heri Suherman, di Kota Bandung, Rabu.

Ditemui usai menghadiri Musyawarah perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Jabar di Hotel Horison Bandung, ia menuturkan tidak ada kendala yang dialami KPU kabupaten/kota dalam menyusun laporan keuangan tersebut.

"Untuk kendala saya kira tidak ada dan saya yakin bisa dilaporkan hari ini, sebagian kabupaten/kota sudah," kata Heri.

Dikatakannya, apabila KPU Jawa Barat telah menerima laporan realisasi anggaran dari KPU kabupaten/kota, maka pihaknya akan segera melaporkan dan menyetorkan dana sisa tersebut ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Agenda tersisa dari KPU Jabar itu kan belum selesai menyelenggarakan kegiatan terkait Pilgub Jabar yakni menyusun laporan penyelenggaraan lengkap mulai dari KPU kabupaten/kota hingga provinsi. Jika sudah selesai maka kami akan menggelar rapat kerja," kata dia.

Ia memperkirakan, pelaksanaan Pilgub Jabar 2013 telah menghabiskan anggaran sekitar Rp600 miliar dari total anggaran yang dialosikan untuk satu putaran Pilgub Jabar dari Pemprov Jawa Barat sebesar Rp759 miliar.

"Perkiraan kami, dana pelaksanaan Pilgub Jabar 2013 yang tersisa sekitar Rp100 miliar," katanya.

KPU Jawa Barat, kata Heri, akan mengembalikan sisa dana untuk Pilgub Jabar ke kas daerah Pemprov Jabar dan jumlah dana sisa Pilgub Jabar diperkirakan senilai Rp100 miliar tersebut masih harus dipastikannya lagi.

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2013-2018 yang dilaksanakan pada 24 Februari 2013 menetapkan pasangan Ahmad Heryawan-Dedy Mizwar sebagai pemenang.***1***

Ajat S

Pewarta:

Editor : Irawan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2013