Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mempercepat pembangunan berbagai infrastruktur oleh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk masyarakat sebelum menginjak September 2023.

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna percepatan itu dilakukan untuk untuk mengakselerasi realisasi program kegiatan pembangunan tahun anggaran 2023.

"Saya minta tidak kelalaian dalam sisi waktu. Program prioritas terutama bersifat fisik dilaksanakan lebih cepat. Kalau bisa sebelum September 2023," kata Ema di Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Adapun dia menjelaskan berbagai program pembangunan infrastruktur di Kota Bandung di antaranya pembangunan dan perbaikan Penerangan Jalan Umum (PJU), Penerangan Jalan Lingkungan (PJL).

Kemudian menurutnya perbaikan infrastruktur trotoar, rehabilitasi saluran drainase, jalan, jembatan, tanggul sungai, kolam retensi, dan pompa banjir. Ada pula menurutnya pembangunan kantor dinas, kecamatan, kelurahan, puskesmas, sekolah, dan berbagai program infrastruktur lainnya.

Untuk itu, Ema meminta seluruh perangkat daerah berkoordinasi dengan berbagai stakeholders untuk proaktif dan saling menguatkan untuk dapat merealisasikan program tepat waktu.

Dia mengatakan, bagi perangkat daerah yang mempunyai pekerjaan yang sifatnya fisik segera dilakukan lelang dan pengadaan. Menurutnya pembentukan tim tim yang progresif diperlukan agar pekerjaan dilaksanakan semaksimal mungkin.
"Saya mintakan untuk segera dieksekusi (kegiatan tahun 2023). Semua harus berproses dan supaya cepat terealisasi," kata dia.

Selain kepada OPD, menurutnya setiap kecamatan juga perlu mempercantik wilayahnya agar infrastruktur di wilayah masing-masing tetap terawat.

"Semua kecamatan harus mengambil langkah bersama untuk mempercantik wajah kota," kata Ema.

 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2023