Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate meninjau progres pembangunan Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) di Tapos, Depok, Jawa Barat, Jumat.

Dalam tinjauannya tersebut, Johnny memeriksa sejumlah bangunan dan ruangan yang proses pengerjaannya telah mencapai 96 persen tersebut.

"Hari ini saya secara khusus datang untuk memeriksa pembangunan Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi atau BBPPT Kominfo," ujar Johnny disela-sela tinjauannya.

Johnny mengatakan BBPPT dibangun di atas lahan seluas 2,2 hektar dengan luas bangunan 11.953 meter persegi. BBPPT terdiri dari sejumlah bangunan, meliputi kantor, laboratorium, mes dan area serbaguna, gudang, tempat ibadah, pos jaga, utilitas, serta selasar.

Johnny mengatakan fasilitas tersebut adalah salah satu yang tercanggih di Asia, terdiri dari enam laboratorium. Pertama adalah Laboratorium Electromagnetic Compatibility (EMC) yang digunakan untuk memastikan keamanan medan elektromagnetik antar perangkat.

Kedua, Laboratorium Spesific Absorption Rate (SAR) yang digunakan untuk menguji tingkat radiasi perangkat terhadap kesehatan tubuh manusia.
"Jadi perangkat-perangkat yang dipakai, termasuk handphone, headset itu harus diuji kelayakannya untuk memberikan perlindungan terhadap hak-hak konsumen," kata Johnny.

Ketiga, Laboratorium Electrical Safety untuk memastikan keamanan kelistrikan perangkat agar tidak melebihi spesifikasi yang seharusnya. Keempat, Laboratorium Laser dan Optik untuk memastikan tingkat radiasi laser terhadap keamanan mata manusia.

Kelima, Laboratorium Kalibrasi untuk menjamin ketertelusuran metrologi alat ukur serta mendukung pemeliharaan perangkat monitoring.

Terakhir adalah Laboratorium Radio untuk menghindari interferensi antar pengguna perangkat dan memastikan kualitas perangkat sesuai dengan regulasi teknis yang ditetapkan.

Johnny mengatakan laboratorium-laboratorium tersebut akan dilengkapi dengan peralatan canggih. Pada tahapan awal, laboratorium akan diisi terlebih dulu dengan peralatan-peralatan yang sudah ada yang dimiliki oleh Balai Kominfo di Bekasi, Jawa Barat.

"Peralatan-peralatan existing yang dimiliki oleh Balai Kominfo yang berada di Bekasi itu akan kita pindahkan ke sini, lalu dilengkapi dengan peralatan modern baru yang kita harapkan dalam tiga bulan semuanya sudah bisa dipasang di sini," kata dia.

Selain laboratorium, kata dia, juga akan ada fasilitas chamber yang masih dalam proses pengerjaan dan akan rampung dalam 11 bulan ke depan. Fasilitas tersebut nantinya juga akan digunakan sebagai tempat pengujian peralatan.

 

Pewarta: Fathur Rochman

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022