Bupati Garut Rudy Gunawan menyampaikan daerah Kabupaten Garut, Jawa Barat sudah siap dilintasi kendaraan bermotor tenaga listrik karena saat ini di Garut sudah diluncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk mendukung migrasi kendaraan dari bahan bakar minyak menjadi listrik.

"Jadi saya mohon rekan-rekan wartawan bahwa Kabupaten Garut siap dilalui kendaraan listrik," kata Rudy Gunawan saat peluncuran pengoperasian SPKLU saat acara Garut Festival 2022 di Pendopo Garut, Kamis.

Ia menuturkan PLN Garut berkolaborasi dengan Pemkab Garut dalam menunjang program pemerintah tentang migrasi ke kendaraan listrik dengan menyiapkan SPKLU di Garut.

Ia menyebutkan saat ini Kabupaten Garut sudah memiliki enam SPKLU termasuk dengan yang dipasang di Pendopo, dan rencananya ke depan di Garut akan memiliki 42 SPKLU untuk menunjang operasional kendaraan listrik.

"Kami mempersiapkan Pendopo menjadi bagian tempat pengisian SPKLU, ini pun dilanjutkan lima tempat lain, jadi di Garut ada 6 tempat, nanti akan ada 42 tempat secara bertahap, dan tentu ini merupakan bagian Pemkab Garut mendukung Bapak Presiden, karena ini akan menghemat uang," kata Rudy.

Ia menjelaskan hasil kajian bahwa kendaraan listrik hanya cukup membayar Rp50 ribu untuk pengisiannya selanjutnya bisa menggunakan kendaraan tersebut sejauh kurang lebih 200 kilometer.

Selain itu, lanjut dia, dengan memiliki alat untuk pengisian listrik maka kendaraan listrik bisa dicas di mana saja, termasuk di rumah sendiri maupun orang lain.
"Tidak harus ke stasiun pengisian bahan bakar, dapat di-'charger' di mana pun, dengan listrik rumah kita bisa menjadi SPBU," kata Rudy.

Ia menambahkan upaya mengenalkan mobil listrik di Garut, rencananya akan ada investor dari Jakarta datang ke Garut menggunakan kendaraan listrik.

"Akan ada investor dari Jakarta, akan mengeksplor pariwisata Kabupaten Garut, kedatangannya akan menggunakan mobil listrik, berkeliling wisata Garut," kata Rudy.

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (PLN UP3) Garut, Nurhidayanto Nugroho menyatakan, pihaknya terus mendukung perkembangan dari Electrical Vehicle sebagai kendaraan berbasis listrik atau baterai.

Ia menyebutkan saat ini terdapat enam lokasi SPKLU yang tersebar di Garut yakni di masing-masing kantor unit layanan PLN, dan Pendopo Garut yang pastinya akan mudah ditemukan bagi masyarakat pengguna kendaraan listrik.

"Ingin mengajak masyarakat Garut untuk mulai menggunakan kendaraan listrik, tidak perlu khawatir, sebab stasiun pengisian listrik di Kabupaten Garut sudah tersedia dari utara sampai selatan," katanya.


 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022