Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) sekaligus mantan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan circular economy atau ekonomi sirkular mampu menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru hingga tahun 2030.

Bambang Brodjonegoro yang juga merupakan Chairman Board Trustee National Center Sustainability Report (NCSR), dalam keterangan di Jakarta, Rabu, menuturkan transisi ke ekonomi sirkular akan meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar Rp593 – 638 triliun atau setara dengan 2,3 – 2,5 persen PDB pada 2030.

Ia berharap kedepannya korporasi dapat menciptakan ekonomi sirkular karena merupakan peluang bisnis saat ini.

Ekonomi sirkular merupakan pendekatan sistem ekonomi melingkar, dengan memaksimalkan kegunaan dan nilai tambah dari suatu bahan mentah, komponen, dan produk, sehingga mampu mereduksi jumlah bahan sisa yang tidak digunakan dan dibuang ke tempat pembuangan akhir.

"Circular economy tidak hanya sekedar program melalui kegiatan CSR atau charity, tetapi menjadi bagian dari model bisnis baru. Dibutuhkan kerja sama yang baik antara pemerintah, perusahaan, masyarakat sipil, lembaga keuangan dan organisasi penelitian," ujarnya saat acara penganugerahan Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) di Jakarta pada 25 November 2022. 

ASRRAT 2022 diselenggarakan NCSR dengan tema “Pathway to Circular Economy.” Penghargaan yang telah berjalan selama 18 tahun ini, diikuti oleh 50 perusahaan lintas negara yaitu Indonesia, Filipina, Bangladesh, Australia, dan Rusia.

Pada perhelatan tersebut PT Kideco Jaya Agung (Kideco) anak perusahaan energi PT Indika Energy Tbk (INDY), berhasil meraih peringkat Gold Rank kategori laporan keberlanjutan.

Chief Finance Officer (CFO) Kideco Togi Ottoman Bernard pada acara tersebut menyampaikan pihaknya berkomitmen terus menyempurnakan pelaporan keberlanjutan, untuk disampaikan ke publik. Kata dia, salah satu fokus saat ini adalah implementasi dari ESG (Environmetal, Social and Governance).

“Penghargaan ini menjadi semangat kami agar terus menyempurnakan pelaporan keberlanjutan yang kami susun untuk pengungkapan kepada publik. Saat ini dunia sedang dihadapkan dengan isu ESG, dan pelaporan ini adalah salah satu basis implementasi ESG kami kepada stakeholders, sejauh mana kami berkontribusi terhadap isu-isu pembangunan berkelanjutan dan melalui pelaporan ini semua dapat dipertanggungjawabkan," ujarnya. 
Bursa Kerja Depok


Sementara itu Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok Jawa Barat menyediakan 2.555 lowongan kerja untuk berbagai jenis pekerjaan di gelaran Bursa Kerja yang dimulai 29 November hingga 30 November 2022.

Job Fair atau Bursa Kerja bagi para pencari kerja diadakan di Balai Rakyat Depok II, Kecamatan Sukmajaya pada 29 - 30 November 2022, pukul 10.00 hingga 16.00 WIB.

Kepala Disnaker Depok Mohamad Thamrin di Depok, Selasa mengatakan bursa kerja yang terbuka untuk umum dan gratis ini bakal diikuti oleh 20 perusahaan, baik yang berada di Kota Depok ataupun wilayah lainnya.

"Dengan dibukanya Job Fair ini dapat membuka kesempatan bagi para talent atau pencari kerja di Kota Depok untuk mendapatkan pekerjaan," tuturnya.

Thamrin menjelaskan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan antara lain Kenangan Grup, Mandiri Utama Finace, Starbucks, Pizza Hut, Alfamart dan Indomart. Selain itu, juga ada Rumah Sakit Citra Medika Depok.

Thamrin menambahkan, jenis pekerjaan yang paling banyak tersedia, yaitu marketing, operator, security guard dan waiters. Selain itu, yang berbeda dari job fair sebelumnya, terdapat lowongan untuk perawat dan dokter.

"Pencari kerja yang memiliki kompetensi tambahan menjadi nilai tersendiri bagi perusahaan," ujarnya.

Lanjutnya, bagi yang ingin mengikuti Job Fair harus mendaftar terlebih dahulu secara online melalui http://bit.ly/3gxv37K . Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi media sosial festival nyari kerja di facebook dan instagram atau ke nomor whatsapp 0855-888-7576.

Ia pun mengimbau agar pencari kerja segera membuat AK-1 sebab sebagian besar perusahaan memasukkan hal tersebut dalam persyaratan berkas.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bambang Brodjonegoro: RI bisa ciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru

Pewarta: Faisal Yunianto

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022