Kementerian Pertanian (Kementan) mengirimkan bantuan pangan dan pakaian senilai Rp2,69 miliar hasil dari penghimpunan donasi dari mitra Kementan, pegawai, dan sejumlah asosiasi untuk masyarakat terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat.

"Terima kasih kepada asosiasi serta mitra Kementan, dan seluruh jajaran pegawai Kementan yang turut merasakan bagaimana musibah yang sedang dialami saudara-saudara kita di Cianjur dengan bentuk bantuan kemanusiaan ini," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Baca juga: SUCOFINDO bersama IDSurvey salurkan bantuan gempa di Cianjur

Mentan menyampaikan bahwa bencana gempa Cianjur merupakan tanggung jawab bersama yang menguji rasa nasionalisme dan ketakwaan keberagamaan masyarakat Indonesia.

Mentan Syahrul melepas bantuan tersebut dari kantor Kementerian Pertanian Jakarta, Kamis (24/11) yang akan dikirim langsung ke lokasi bencana. Sebagai informasi total bantuan kemanusiaan yang terkumpul sejumlah Rp 2,69 miliar dalam bentuk bahan pangan pokok.

Kepedulian dan bentuk perhatian tersebut, menurut Mentan, adalah bentuk pengejawantahan nilai-nilai Pancasila dalam menjalani hidup berbangsa dan bernegara.

"Hari ini kita tunjukkan, kita sebagai umat beragama, sebagai sesama anak bangsa. Jangan dilihat dari kecil-besarnya bantuan tapi bagaimana ketulusan dan kepedulian kita semua untuk meringankan kesedihan mereka. Dan yang penting, mereka tidak merasa sendiri, karena ada kita semua yang siap membantu," kata dia.

Kementan bersama mitra, kata Syahrul, selalu hadir dalam setiap bencana sebagai bentuk hadirnya negara di tengah penderitaan rakyatnya.

Sementara itu, perwakilan Gabungan Asosiasi Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Johnny Ponto menyampaikan dan mendoakan semoga korban dan warga di Cianjur diberikan kekuatan dan kesabaran.

"Kami dari GAPKI turut prihatin dan berharap apa yang disampaikan Bapak Menteri tadi, warga Cianjur lebih baik lagi kondisinya," kata Johnny Ponto yang juga merupakan CEO PT Salim Ivomas Pratama Tbk.


Sebelumnya Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Rajawali Nusindo menyalurkan bantuan terhadap korban terdampak gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat yang dikoordinasikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk serta berkolaborasi dengan BUMN lainnya.


Direktur Utama PT Rajawali Nusindo Iskak Putra dalam pernyataan di Jakarta, Kamis mengatakan penyaluran bantuan ini sejalan dengan komitmen Menteri BUMN Erick Thohir agar BUMN hadir di tengah-tengah masyarakat terdampak, mendampingi dan menyampaikan pesan bahwa para korban terdampak gempa tidak sendirian.

Baca juga: Tim Kementerian ESDM Siaga Bencana diterjunkan ke lokasi gempa Cianjur

Adapun bantuan yang disalurkan antara lain masker kain, APD, pampersinfusion set anak dan benang bedah, serta bantuan bahan pangan berupa beras, minyak goreng, mie instan, susu, tenda terpal, sarung, selimut hingga tikar yang langsung dikirim ke RSUD Cianjur.

"Kami berharap penyaluran bantuan langsung ke RSUD Cianjur ini dapat mengurangi beban saudara-saudara kita di Cianjur, serta membantu para rekan sejawat tenaga medis dalam menangani para korban," jelas Iskak.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kementan kirim bantuan pangan Rp2,69 miliar untuk korban gempa Cianjur

Pewarta: Aditya Ramadhan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022