Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Jawa Barat, menyelenggarakan pasar tani dan pangan murah yang dipusatkan di Kelurahan Margahayu Utara, Kecamatan Babakan Ciparay, sebagai upaya untuk menekan inflasi.

"Kegiatan Pasar Tani dan Gelar Pangan Murah ini diikuti para petani dan pelaku usaha produk olahan Kelompok Tani Buruan Sae dan kelompok usaha pasar murah untuk membantu mereka dalam memasarkan hasil-hasil pertaniannya," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung Gin Gin Ginanjar, di sela acara, Rabu.

Baca juga: 71 korban gempa Cianjur jalani perawatan di RSUP Hasan Sadikin Bandung

Selain acara tersebut, kata Gin Gin, juga dilaksanakan pembagian produk dan benih hortikultura dalam upaya pengendalian inflasi bagi pemulihan ekonomi Jawa Barat khususnya Kota Bandung untuk mendukung ketersediaan bahan pangan serta perluasan kawasan tanam.

Ia mengatakan dalam upaya pengendalian inflasi dan percepatan pemulihan ekonomi Jawa Barat khususnya Kota Bandung, kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan pembagian produk hortikultura kepada masyarakat miskin yang terdampak inflasi dan tercatat memiliki jumlah stunting terbanyak.

Sekaligus pembagian benih hortikultura yang diberikan kepada kelompok-kelompok tani untuk memperluas kawasan tanam.

"Kami menyiapkan 250 paket untuk wilayah yang memiliki angka stunting dan jumlah masyarakat miskin terbanyak di Kota Bandung. Sedangkan untuk perluasan kawasan tanam komoditas hortikultura, bantuan pemerintah diberikan berupa benih, polybag dan pupuk organik cair untuk gerakan tanam hortikultura,” ujarnya.

Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bandung Eva Yoshida menambahkan penerima produk hortikultura sebanyak 250 paket di Kota Bandung diberikan kepada masyarakat Kecamatan Babakan Ciparay yang terkena stunting dan jumlah masyarakat miskin tertinggi di Kota Bandung.
Jumlah paket yang diberikan, yaitu Kelurahan Margasuka sebanyak 46 paket, Kelurahan Sukahaji sebanyak 35 paket, Kelurahan Margahayu Utara sebanyak 35 paket.

Baca juga: Persib Bandung sampaikan duka dan doa bersama untuk korban gempa Cianjur

Kemudian di Kelurahan Babakan sebanyak 56 paket, dan Kelurahan Babakan Ciparay sebanyak 50 paket serta Kelurahan Cirangrang sebanyak 16 paket.

Sedangkan, penerima benih hortikultura diberikan kepada Kelompok Tani Sawah Lega Kecamatan Cidadap dan PKK Kota Bandung.


 

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022