Massa 411 memulai aksi di Kawasan Tugu Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda (Jakarta Pusat) pada Jumat siang dengan doa Rathib Al-Hadad dipimpin orator dari atas mobil komando.

"Mari kita berdoa terlebih dahulu agar aksi kita selalu diberkahi Allah SWT," ujar seorang orator di atas mobil komando, Jumat, sekitar pukul 14.40 WIB.
 
Tiga lapis beton berlapis kawat berduri dipasang di Jalan Merdeka Barat guna mengantisipasi pergerakan masa agar tidak bisa menembus Istana Merdeka yang tak jauh dari lokasi unjuk rasa.
 
Polda Metro Jaya mengerahkan ribuan personel untuk mengawal aksi oleh sejumlah elemen massa yang digelar di Jakarta pada Jumat ini.
 
"Kami turunkan personel pengamanan 3.790 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan dalam keterangannya, Jumat.
 
Massa berasal dari berbagai organisasi yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR).
 

Ribuan polisi

Pihak Polda Metro Jaya menyatakan sebanyak 3.790 personel gabungan TNI, Polri, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersiaga mengamankan aksi unjuk rasa yang berlangsung di Jakarta pada Jumat ini.

"Personel pengamanan kami siagakan 3.790 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Zulpan mengatakan ada dua aksi unjuk rasa yang berlangsung pada Jumat ini yang pertama ada aksi demo 411 di Bundaran Patung Kuda dengan estimasi massa sebanyak 750 orang.
Sedangkan aksi unjuk rasa selanjutnya digelar oleh massa buruh di kantor Kementerian Tenaga Kerja dengan perkiraan jumlah massa mencapai 1.000 orang.

Terkait aksi tersebut, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya telah melakukan pengalihan arus lalu lintas di kawasan Istana Kepresidenan dan Monas dalam rangka pengaman aksi demo.

"Pengalihan arus lalu lintas terkait aksi demo kelompok 411," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Latif mengatakan pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan pada Jumat (4/11) mulai pukul 10.00 WIB hingga berakhirnya aksi massa.

Masyarakat yang hendak menuju kawasan Istana dan Monas diminta untuk mencari jalan alternatif lain.

 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Doa Rathib Al-Hadad awali aksi 411

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022