Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tiba di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, menghadiri perhelatan pameran industri pertahanan terbesar se-Asia Tenggara Indo Defence 2022 Expo & Forum.

Berdasarkan pantauan ANTARA, Presiden Jokowi tiba di JIExpo sekitar pukul 09.03 WIB dengan mengenakan setelan jas berwarna biru tua.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. Selain Presiden Jokowi dan Prabowo, tampak pula beberapa pihak lain yang menghadiri pembukaan Indo Defence 2022 ini.  

Di antaranya, Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono. 

Setelah Presiden Jokowi tiba, acara pembukaan Indo Defence dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya". Lalu, dilanjutkan dengan pembacaan laporan pelaksanaan kegiatan oleh Prabowo, dan atraksi menaklukkan teroris yang dilakukan oleh Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Sebelumnya, Prabowo Subianto pada Kamis (27/10), menyebutkan bahwa sebanyak 59 negara akan terlibat dalam pameran industri pertahanan terbesar se-Asia Tenggara Indo Defence 2022 Expo & Forum pada 2-5 November 2022.

"Secara garis besar, ada 905 perusahaan industri pertahanan dari 59 negara, kemungkinan bisa 60 negara, satu negara masih kami tunggu konfirmasi untuk hadir," ujar dia.

Menurut Prabowo, dari 905 industri pertahanan yang mengikuti pameran pertahanan tersebut, sebanyak 155 perusahaan di antaranya merupakan industri pertahanan dalam negeri.

Indo Defence 2022 Expo & Forum akan digelar di tiga lokasi di Jakarta secara bersamaan, yakni JIexpo Kemayoran, Jakarta Pusat; Pangkalan TNI Angkatan Laut Pondok Dayung, Jakarta Utara; serta Apron Selatan Pangkalan Udara (Lanud) TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.
Sekitar 21 pejabat setingkat menteri, panglima angkatan bersenjata, dan kepala staf angkatan dari berbagai negara juga dijadwalkan hadir.


Kotrak PTDI

Sementara itu PT Dirgantara Indonesia (DI) akan menandatangani kontrak saat kegiatan Indo Defence Expo & Forum 2022, yang digelar pada 2-5 November 2022 di JI-Expo Kemayoran, Jakarta.

Dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Selasa, menyebutkan, PT DI dan Badan Perencanaan Pertahanan Kementerian Pertahanan akan melakukan penandatanganan kontrak pembelian satu unit pesawat terbang sayap tetap angkut sedang; penandatanganan kontrak pengadaan pesawat N219 dengan PT Karya Logistik Indotama, penandatanganan kontrak dengan PT Aeroasia Interior sebagai vendor interior setempat untuk N219.

Juga penandatanganan nota kesepahaman dengan Honeywell tentang Supply of Honeywell Safety System (MILACAS) untuk program peningkatab avuonics C-130 Hercules TNI AU.
 
Kesepakatan penandatanganan dengan Collins tentang kesepakatan pembelian Fase 2 Program Peningkatan Avionika C-130 Hercules, upacara penandatanganan dengan Boeing dalam mendukung produk pertahanan Boeing yang digunakan pemerintah Indonesia, penandatanganan nota kesepahaman dengan Airbus tentang perawatan, perbaikan dan perbaikan besar, upacara penandatanganan kerangka kerja sama dengan TAI tentang Program Rekayasa Angkasa Luar. 

Upacara penandatanganan  dengan MT Propeller tentang penggantian baling-baling pada N212i, upacara penandatanganan kesepakatan kemitraan dengan Ammroc tentang MRO CN235 UAE dan MRO Engine dan penandatanganan dengan PT Nusantara Turbin dan Propulsi (PT NTP).
 
PT NTP merupakan perusahaan yang memiliki bisnis utama sebagai MRO (Maintenance, Repair and Overhaul) untuk mesin pesawat dan peralatan industrial.

Perusahaan ini memiliki pengalaman lebih dari 36 tahun yang melayani kebutuhan pelanggannya dengan MRO berkualitas tinggi.

Pengalaman panjang ini membuat PT NTP dipercaya untuk menjadi Pusat Perawatan Resmi oleh beberapa produsen seperti General Electric, Honeywell, Solar Turbine – AS, dan otorisasi dari berbagai manufaktur.
 
Sementara di Indo Defence 2022 PTDI akan juga memamerkan pesawat N219 Amphibi dan beragam jenis pesawat lainnya seperti CN235-220, NC212i, serta produk kolaborasi helikopter dan pesawat tempur KF-X/IF-X. Selain itu PT DI akan memboyong pesawat N219 dan CN235 FTB FTB (Flying Test Bed).



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden Jokowi tiba di JIExpo hadiri Indo Defence 2022

Pewarta: Tri Meilani Ameliya

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022