Bupati Garut Rudy Gunawan menyatakan sudah menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan seluruh camat untuk siap siaga menghadapi ancaman Status Awas, yakni tingginya potensi bencana di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"BPBD kan sekarang harus siap siaga, kata Rudy Gunawan di Garut, Jumat.

Ia menyampaikan telah menerima peringatan dari BMKG dan PVMBG tentang tujuh kabupaten/kota di Jawa Barat, salah satunya Garut berstatus Awas dan Siaga.

Peringatan itu, kata Rudy, selama tiga hari sampai Minggu (23/10) yang harus diwaspadai adanya potensi bencana alam di Garut.

"Garut, ada tujuh kabupaten kota lain lagi, dalam tiga hari ke depan sampai dengan hari Minggu statusnya adalah Awas, saya juga sudah instruksikan di forum camat ya semua untuk sosialisasi," kata Rudy.

Ia berharap peringatan itu menjadi kesiapsiagaan jajaran pemerintah daerah dan diharapkan tidak ada kejadian bencana alam.

"Jadi mudah-mudahan kita aman lah," kata Bupati.
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Satria Budi, menyatakan sudah menerbitkan surat imbauan tentang peringatan dini dan langkah kesiapsiagaan menghadapi potensi ancaman bencana alam.

Surat imbauan itu, kata dia, merupakan tindak lanjut dari Surat Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat yang menyampaikan imbauan perkiraan terjadi bencana banjir dan pergerakan tanah atau longsor.

"Menindaklanjuti hal tadi, maka diperlukan upaya pencegahan dan kesiapsiagaan guna meminimalisir dampak ancaman banjir dan gerakan tanah," katanya. 

 

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022