Kepolisian Resor (Polres) Cirebon Kota, Polda Jawa Barat, menyiagakan personel dan alat perlengkapan untuk menghadapi bencana alam, seperti perahu karet, gergaji mesin, dan lainnya, agar ketika terjadi bencana cepat teratasi.

"Saat ini masuk cuaca ekstrem, dan di beberapa daerah sudah terjadi bencana alam, untuk itu kami siagakan personel dan alat kelengkapannya," kata Kapolres Cirebon Kota AKBP Fahri Siregar di Cirebon, Rabu.

Baca juga: Polres Cirebon Kota lakukan aksi teatrikal saat sosialisasi berkendara aman

Fahri mengatakan, dipersiapkannya personel Polres Cirebon Kota untuk mengantisipasi bencana alam, agar ketika terjadi bencana mereka sudah siap, dan tidak lagi bingung harus melakukan apa, sehingga persiapan itu menjadi sangat penting.

Menurutnya meskipun tupoksi Polri bukan menangani bencana alam, namun tugas Polri juga membantu masyarakat, baik masalah kriminal, keamanan, maupun bencana alam.

Ia menuturkan, pihaknya tetap menyiagakan personel dan juga alat yang digunakan untuk mengevakuasi, seperti perahu karet, gergaji mesin, pelampung dan lainnya.
"Liding sektor kebencanaan adalah BPBD, tapi kami juga memiliki kewajiban untuk membantu masyarakat," tuturnya.

Fahri menambahkan, pihaknya sudah memetakan beberapa titik si wilayah hukum Polres Cirebon Kota yang memang rawan terjadi bencana alam, seperti banjir, longsor, pohon tumbang, dan juga genangan air di jalan raya.

Baca juga: Polres Cirebon Kota bagikan 4 ton beras untuk warga terdampak BBM

Untuk itu lanjut Fahri, pihaknya telah memberikan tugas kepada anggotanya ketika terjadi bencana alam, seperti apabila terjadi genangan air di jalan raya yang menyebabkan kemacetan, maka petugas nanti langsung terjun guna mengurangi kepadatan itu.

"Kami siagakan personel agar ketika terjadi bencana alam, mereka sudah siap, tanpa harus menunggu perintah atau komando terlebih dahulu," katanya. 

Pewarta: Khaerul Izan

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022