ANTARAJAWABARAT.com, 18/11 - Kekalahan tidak terduga yang dialami Chelsea dan Manchester United membuat juara bertahan Manchester City melaju ke puncak klasemen Liga Utama Inggris setelah menang telak 5-0 atas Aston Villa, Sabtu (Minggu WIB).

Kekalahan 0-1 dari tuan rumah Norwich City, membuat United gagal merebut kembali posisi teratas, sementara peringkat ketiga Chelsea takluk kepada tuan rumah West Bromwich Albion dan membuat mereka gagal meraih kemenangan dalam empat pertandingan.

Pesta gol juara bertahan Manchester City di pertandingan yang berlangsung di Stadion Etihad tersebut diawali oleh David Silva pada menit ke-43.

Sergio Aguero dan Carlos Tevez membuat tuan rumah melaju 3-0 melalui titik penalti akibat "handsball" oleh Adreas Weiman dan Barry Bannan.

Aguero mencetak gol kedua setelah menaklukkan kiper Brad Guzan pada menit ke-67, dan Tevez kembali mencetak gol menit ke-74 untuk melengkapi dominasi City.

Bagi City, kemenangan tersebut merupakan pemanasan menjelang pertandingan penting di penyisihan grup Liga Champions menghadapi Real Madrid, Rabu (Kamis WIB).

"Dalam dua pertandingan terakhir, saya pikir kami telah melakukan perubahan. Kami menemukan kembali semangat kami, seperti tahun lalu," kata pelatih Manchester City Roberto Mancini usai pertandingan.

Pada pertandingan minggu lalu, City juga mengalahkan Tottenham Hotspur 2-1.

"Bagi kami, sangat penting untuk mengawali kompetisi dengan bermain baik dan dalam dua pertandingan terakhir, kami telah mencetak enam gol melalui penyerang kami," katanya.

Kemenangan tersebut membuat City berada di puncak klasemen sementara, unggul satu angka atas saingan sekota Manchester City yang mengalami kekalahan ketiga jika bertanding di Carrow Road, kandang Norwich City.

Anthony Pilkingkton, pemain yang pernah magang di United, secara ironis justru menjadi penyebab kekalahan tim berjuluk Setan Merah itu melalui gol sundulan kepala pada menit ke-60.

United berpeluang untuk menyamakan kedudukan pada saat "injury time", tapi tendangan keras Sebastien Bassong berhasil ditepis kiper John Ruddy.

Bulan lalu, Norwich yang diasuh pelatih Chris Hughton tersebut juga meraih kemenangan atas klub papan atas lainnya Arsenal, juga dengan skor 1-0.

"Kami kecewa dengan kekalahan ini, tapi kami memberikan selamat kepada Norwich atas kerja keras dan perjuangan mereka," kata pelatih Alex Ferguson yang pada pertandingan itu tidak menurunkan Wayne Rooney akibat sakit amandel.

"Umpan silang yang sangat baik dan sundulan (Pilkington) yang hebat. Tidak ada yang bisa dilakukan kiper," kata Ferguson memuji gol tunggal Pilkington.

"Saya kira mereka memang pantas menang karena mereka telah bekerja keras untuk meraihnya. Kami sebenarnya banyak menguasai bola dan hanya mendapat satu atau dua peluang. Ini memang bukan malam keberuntungan kami," katanya.

Sementara itu Chelsea mulai kehilangan momentum untuk mempertahankan posisi teratas dan sekarang tertinggal empat angka dari pimpinan klasemen setelah pelatih Roberto Di Matteo ditaklukkan oleh mantan klubnya.

Tuan rumah West Brom sudah unggul ketika pertandingan baru berjalan sepuluh menit melalui gol hasil sundulan Shane Long.

Chelsea menyamakan kedudukan melalui Eden Hazard pada menit ke-39 sebelum tuan rumah kembali unggul 2-1 melalui Peter Odemwingie menit ke-50.

Kemenangan tersebut membuat West Brom hanya terpaut satu angka dari Chelsea dan naik ke peringkat empat klasemen menggeser Everton setelah klub asuhan pelatih David Moyes itu menyerah 1-2 kepada Reading, klub yang berada di zona degradasi.

ANTARA

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012