Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi pagelaran Pesona Nusantara Bekasi Keren yang digelar Pemerintah Kota Bekasi dalam rangka puncak kemeriahan HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia.

"Kegiatan ini merupakan momentum bagi kita, sebagai bentuk rasa syukur kepada Illahi, bentuk kecintaan kita pula pada Pancasila yang selalu membela Indonesia, membela Merah Putih," katanya di Bekasi, Sabtu.

Ridwan Kamil mengaku teringat kembali salah satu dari tiga pesan yang disampaikan pendiri bangsa Ir Soekarno yaitu suatu wilayah harus memiliki budaya yang berkepribadian, kepribadian Nusantara.

"Ini yang hari ini ditunjukkan oleh Kota Bekasi bahwa Kota Bekasi merupakan Kota yang berkepribadian Nusantara dan saya melihat Kota Bekasi menjadi wadah kebudayaan Nusantara," ucapnya.

Sejumlah pertunjukan seni budaya ditampilkan pada pagelaran ini mulai tari ronggeng oleh 3.000 penari pelajar, 5.000 peserta senam Indonesia Cinta Tanah Air, tari sekoper cinta, Kecak Bali, Reog, saman, tortor, tari khas Maluku, serta seribu peserta Silat Budaya Bekasi.

Pelaksana tugas Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan kegiatan ini akan dijadikan agenda tahunan sebagai ajang pelestarian budaya nusantara sekaligus bentuk keharmonisan dan kerukunan umat beragama.

"Saya berencana untuk menjadikan kegiatan ini sebagai agenda tahunan Kota Bekasi mengingat acara ini bisa menjadi ajang pelestarian seni dan budaya sekaligus perekat hubungan antarumat beragama," katanya.

Acara tersebut dihadiri sejumlah tokoh publik di antaranya putra bungsu Presiden Pertama Ir Soekarno yakni Guruh Irianto Soekarno Putra.


 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022