Penghargaan MTV Video Music Awards (VMA) 2022 berlangsung di Prudential Center, New Jersey hari ini. Sejumlah pemenang pun telah dibacakan mulai dari video tahun ini, lagu tahun ini dan artis terbaik.

Selain penghargaan, pembawa acara Nicki Minaj mendapat kehormatan selama pertunjukan dengan Video Vanguard Award, sedangkan Penghargaan Ikon Global diberikan kepada Red Hot Chili Peppers.

Johnny Depp membuat kejutan dengan tampil di acara tersebut mengenakan pakaian maskot MTV, yakni astronot. Ini adalah penampilan pertama aktor tersebut sejak sidang pencemaran nama baik dengan mantan istrinya Amber Heard.

Taylor Swift dan Lil Nas X Jack Harlow sama-sama membawa pulang tiga penghargaan.

Berikut ini adalah daftar lengkap pemenang MTV VMA 2022, dilansir Variety, Senin:

Video of the year
Taylor Swift – "All Too Well (10 Minute Version) (Taylor’s Version)"

Best new artist
Dove Cameron
Best rock
Red Hot Chili Peppers – "Black Summer"

Artist of the year
Bad Bunny

Song of Summer
Jack Harlow – "First Class"

Best hip-hop
Nicki Minaj ft. Lil Baby – "Do We Have A Problem?"

Best Latin
Anitta – "Envolver"

Video for good
Lizzo – "About Damn Time"

Best K-pop
LISA – "LALISA"

Best Album
Harry Styles – Harry's House

Best longform video
Taylor Swift – "All Too Well (10 Minute Version) (Taylor’s Version)"

Best collaboration
Lil Nas X, Jack Harlow – "INDUSTRY BABY"

Best metaverse performance
BLACKPINK The Virtual | PUBG

Best alternative
Måneskin – "I WANNA BE YOUR SLAVE"

Song of the year
Billie Eilish – "Happier Than Ever"

Best pop
Harry Styles – "As It Was"

Best direction
Taylor Swift – "All Too Well (10 Minute Version) (Taylor’s Version)"

Best art direction
Lil Nas X, Jack Harlow – "INDUSTRY BABY"

Best visual effects
Lil Nas X, Jack Harlow – "INDUSTRY BABY"

Best choreography
Doja Cat – "Woman"

Best editing
ROSALÍA – "SAOKO"

Group of the Year
BTS

Sementara itu Supergroup K-pop BTS dan BLACKPINK telah dinominasikan sebagai grup terbaik tahun ini di MTV Video Music Awards 2022.


Mengutip laporan dari Korea Times, Sabtu, kedua band K-pop itu akan bersaing untuk Best Group Of The Year dengan musisi lain yakni City Girls, Foo Fighters, Imagine Dragons, Maneskin, Red Hot Chili Peppers dan Silk Sonic.

Sebelumnya BTS pernah memenangi kategori grup terbaik, salah satu dari tiga kategori yang dipilih secara sosial bersama dengan Song Of Summer dan Album Of The Year, dalam tiga tahun terakhir.
Jungkook BTS juga dinominasikan untuk Song Of Summer untuk "Left and Right,"  single   kolaborasinya dengan penyanyi-penulis lagu AS Charlie Puth.

Grup ini sebelumnya telah diumumkan masuk nominasi untuk Best K-pop, Best Choreography, Best Visual Effects dan Best Metaverse Performance.

Pada kesempatan sama, BLACKPINK juga akan tampil di acara penghargaan yang dijadwalkan pada 28 Agustus di Prudential Center di Newark, New Jersey.


Taylor Swift yang juga memenangi penghargaan bergengsi video of the year di acara tahunan Video Music Awards dari MTV atas versi 10 menit dari lagu patah hati "All Too Well". Dikutip dari Reuters, saat menerima penghargaan Swift mengumumkan ia akan merilis album baru pada 21 Oktober.

"Kami takkan bisa membuat film pendek ini jika bukan karena kalian, para penggemar," kata Swift di panggung dalam siaran langsung dari New Jersey.

Penyanyi Puerto Riko Bad Bunny dinobatkan sebagai artist of the year dan menerima penghargaan di Yankee Stadium, New York, tempatnya menggelar konser.

Mantan bintang Disney Channel Dove Cameron, penyanyi "Breakfast" dan "Boyfriend", mendapatkan penghargaan best new artist.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Daftar lengkap pemenang MTV VMA 2022

Pewarta: Maria Cicilia

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022