ANTARAJAWABARAT.com, 10/10 - Ketua Indonesian Coruption Watch Teten Masduki dan Rieke Diah Pitaloka sangat potensial dan pas untuk maju pada Pilkada Jabar 2013, kata sutradara dan kader PDIP Garin Nugroho.

"Saya melihat Teten-Rieke punya karakter, keduanya pas untuk memimpin Jawa Barat," kata Garin di sela-sela Kampanye Antikekerasan Lewat Film di Bandung, Rabu.

Menurut Garin, Teten Masduki telah terbukti membawa lembaga antikorupsi dan tetap komitmen di jalurnya dan memiliki karakter dan 'leadership' yang jelas dalam menciptakan pemerintahan bersih.

"Terlepas dari kalah dan menang yang penting ada sosok alternatif dan punya gagasan yang jelas, sekarang sudah jelas," katanya.

Menurut dia, Jawa Barat merupakan provinsi terbesar penduduknya di Indonesia, lebih dari Jatim maupun Jawa Tengah. Jawa Barat membutuhkan sosok yang bisa membawa tranformasi yang cukup radikal.

Meski keduanya beda karakter, namun menurut dia sosok Teten/Rieke akan menjadi kolaborasi yang pas, tidak sebatas untuk meraih suara namun dari sisi komitmen dan gagasan yang diusung.

"Bila mau mengegolkan, harus cari yang terbaik, dan PDIP Jabar saya kira terus menggodok sosok yang pas. Untuk Jabar harus mengegolkan yang baik," katanya.

Terkait dengan fenomena artis yang cukup berkibar dalam dunia politik di Jawa Barat, menurut Garin hal itu tidak bisa dipungkiri. Beberapa artis Jabar berhasil meraih jabatan politik dan termasuk paling banyak dibanding daerah lainnya.

Meski demikian, kepopuleran menjadi salah satu penentu, namun di isi lain perlu ada gagasan yang baik untuk masyarakat.

"Kepopuleran perlu tapi gagasan lebih diperlukan, selama gagasan dan karakter tidak ada yah pasti tak akan populer," kata pria yang disebut-sebut akan maju pada Pilkada Jawa Tengah itu.

Di sisi lain, pendekatan ke wilayah akar rumput juga menentukan, termasuk hadirnya kaum muda.

Pewarta:

Editor : Sapto HP


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2012