Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengingatkan masyarakat agar menerapkan pola hidup bersih sehat (PHBS) guna menghindari penyebaran virus cacar monyet.

"Masyarakat tetap harus melaksanakan perilaku hidup bersih. Dengan kita melaksanakan protokol kesehatan sama seperti kita mencegah COVID-19," kata dia di Bandung, Jawa Barat, Senin.

Menurut dia, PHBS itu bisa diterapkan masyarakat seperti ketika menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan COVID-19.

Baca juga: IPB siap total teliti cacar monyet

Dia optimistis dengan menerapkan pola tersebut, masyarakat bisa terhindar dari paparan penyakit yang bermula dari Afrika itu.

Yana memastikan hingga saat ini kasus penyakit cacar monyet tidak ditemukan di Kota Bandung. Di Tanah Air, kasus penyakit cacar monyet ditemukan pertama kali pada warga asal Jakarta berusia 27 tahun.

"Jangan sampai ada di Bandung. Masyarakat harus taat protokol kesehatan, kalau kita memakai masker," kata dia.
Kementerian Kesehatan mengonfirmasi adanya satu kasus cacar monyet di Jakarta pada Sabtu (20/8). Warga di Jakarta tersebut diketahui merupakan pelaku perjalanan dari luar negeri yang mengalami gejala demam dan ruam.

Saat ini, Kementerian Kesehatan bersama Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah melakukan pelacakan terhadap orang yang kontak erat dengan pasien tersebut.

Baca juga: Laboratorium di Bogor siap lakukan penyelidikan epidemiologi cacar monyet

Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat agar tetap tenang karena penyakit itu memiliki gejala yang relatif ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya.

"Cacar monyet ini tidak terlalu berat sakitnya, agar kita tenang, malah kalau kita bandingkan dengan COVID-19 jauh, ya," kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril di Jakarta.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi

Editor : Yuniardi Ferdinan


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Barat 2022